• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Santri Mahika Harumkan Nama Sidoarjo di Ajang MTQ XXIX Jatim

Santri Mahika Harumkan Nama Sidoarjo di Ajang MTQ XXIX Jatim
Tiga santri Pesantren Mahika Sidoarjo yang meraih Juara I MSQ Putra di MTQ XXIX Jatim. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Tiga santri Pesantren Mahika Sidoarjo yang meraih Juara I MSQ Putra di MTQ XXIX Jatim. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tidak salah jika muncul anggapan bahwa Pesantren Manba'ul Hikam (Mahika) Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo adalah gudangnya santri berprestasi.

 

Terbukti, beberapa santri Pesantren Mahika Sidoarjo berhasil meraih juara di ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX Jatim di Kabupaten Pamekasan yang digelar 02-11 November 2021.

 

Dalam event dua tahunan ini, dua juara berhasil disabet santri Mahika Sidoarjo, yaitu Juara I Cabang Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ) Putra atas nama M Ikhsanus Sobach, M Bakhrun Nafis, dan M Faza Musyaffa Al-Azizi. Sedang Rahma Ayu Bunga Salwa Zahira A mendapat Juara III Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 1 Juz Tilawah Putri.

 

“Alhamdulillah, di MTQ kali ini santri Mahika Sidoarjo mengharumkan Kabupaten Sidoarjo. Ini semua tidak lepas dari doa dan dukungan dewan pengasuh dan asatidz Pesantren Mahika," kata Ustadz Syafi' Nu'man, salah satu pembina santri berprestasi Pesantren Mahika kepada NU Online Jatim, Rabu (10/11) malam.

 

Syafi' menegaskan, disela-sela sibuknya para santri membagi waktu antara belajar dan kegiatan ekstrakurikuler, hal itu nyatanya tidak menjadikan halangan bagi santri Mahika Sidoarjo untuk menorehkan prestasi di luar pesantren.

 

Sebelumnya, santri Mahika Sidoarjo juga beberapa kali berhasil meraih prestasi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

 

"Tak hanya tahun ini, santri Mahika juga juara MTQ Jatim di tahun sebelumnya. Semoga bisa jadi contoh bagi santri junior di Mahika Sidoarjo khususnya, dan untuk semua santri pada umumnya," tegas pengurus Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kepatihan, Tulangan itu.

 

Dijelaskannya, di ajang MTQ kali ini, Pesantren Mahika Sidoarjo mengirimkan 12 orang santri terbaik untuk Cabang MSQ, Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) Putra dan Putri, MHQ 1 Juz Tilawah, serta Musabaqah Khat Qur’an (MKQ) Kontemporer Putra dan Putri.

 

Hal  tersebut bertujuan untuk syiar sekaligus sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi dasar agama (religious), kreatiif  (creativity), berkomunikasi dengan baik (communication), serta mampu bekerja sama dengan yang lain.

 

 

“Semoga semakin membumikan citra diri santri yang kreatif, inovatif, berakademisi, juga berakhlaqul karimah,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru