• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Matraman

Santri Al-Aqobah Ciptakan Game ‘Salam dari Binjai’, Diminati Ribuan Orang

Santri Al-Aqobah Ciptakan Game ‘Salam dari Binjai’, Diminati Ribuan Orang
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jombang, NU Online Jatim

Rico Muhammad Nashrullah, santri Pesantren Al-Aqobah Diwek Jombang berhasil mencipatakan game online yang diberi nama ‘Salam dari Binjai’. Puluhan ribu orang telah mengunduh game ini.

 

“Alhamdulillah, gamenya sudah di-download 70 ribu kali,” ujar Rico dikutip NU Online, Jumat (05/11)

 

Pemuda berusia 19 tahun itu menjelaskan, idenya membuat game tersebut berawal dari tren yang ada di media sosial sekarang yaitu ‘salam dari binjai’.

 

Dalam tren salam dari binjai itu, ada seorang pria asal pulau Sumatra yang suka memukul pohon pisang dan menjadi viral. Sebelum memukul pohon pisang, pria tersebut mengucapkan salam terlebih dahulu.

 

“Nah, saya dan tim saya melihat kesempatan ini untuk membuat sebuah game dengan tema yang sama,” ungkap pemuda yang baru saja lulus SMA ITMA Al-Aqobah tersebut.

 

Rico mengatakan, dirinya belajar programming dan semuanya secara otodidak dari internet. Ia juga beruntung karena pesantrennya juga mendukung ide kreatifnya dengan akses internet gratis.

 

“Sebenarnya saya sudah belajar semenjak SD. Lalu, saya kembangkan lagi di pondok Al-Aqobah ini. Karena di pondok diperbolehkan menggunakan laptop,” jelasnya.

 

Rico berencana membuat game yang lebih kreatif dan inovatif untuk ke depannya. Beberapa game sudah ia rencanakan dan masuk pada tahap pematangan.

 

Menurutnya, dewasa ini game menjadi hal yang biasa bagi generasi muda dan anak-anak milenial. Berbagai jenis game dimainkan untuk mengisi waktu luang.

 

 

“Target saya ke depan adalah bisa membuat game lebih banyak lagi. Semoga mencakup banyak player lagi dan tentu saja bisa membanggakan orang tua dan guru saya,” tandasnya.


Editor:

Matraman Terbaru