• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Matraman

Tingkeban Massal di Jombang Pecahkan Rekor Muri

Tingkeban Massal di Jombang Pecahkan Rekor Muri
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menerima penghargaan dari Muri dengan peserta Tingkeban Massal terbanyak. (Foto: NOJ/ Qona'atun Putri Rahayu)
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menerima penghargaan dari Muri dengan peserta Tingkeban Massal terbanyak. (Foto: NOJ/ Qona'atun Putri Rahayu)

Jombang, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang memperoleh piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam hal pemrakarsa dan penyelenggara Tingkeban Massal dengan peserta terbanyak.

 

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menerima langsung piagam penghargaan tersebut dari perwakilan Muri, Sri Widayati. Penyerahan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jombang, Sabtu (23/10). Rekor Muri diperoleh karena tingkeban massal tersebut diikuti 660 ibu hamil di 22 titik lokasi secara virtual.

 

Bupati Jombang menyebutkan, bahwa tingkeban massal tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Jombang ke-111. Ia pun bersyukur atas pencapaian tersebut.

 

“Karena hal demikian termasuk dari mempertahankan budaya lokal hingga diakui oleh negara dengan rekor Muri ini,” ucapnya.

 

Sementara Sri Widayati perwakilan dari Muri mengatakan, beberapa Muri telah mencatat beberapa hal atau kegiatan yang unik dan spektakuler di Indonesia. “Salah satunya tingkeban massal ini yang merupakan adat istiadat yang layak diangkat dan dipublikasikan,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, Tingkeban Massal yang diadakan oleh Pemkab Jombang dengan peserta mencapai 660 ibu hamil ini tidak hanya tercatat dalam rekor Muri tingkat nasional, tapi jjuga rekor dunia.

 

“Karena ini melebihi tingkeban sebelumnya yang juga diganjar Muri pada bulan Maret 2021 yang dilaksanakan di tiga tempat, yakni Jakarta, Tangerang, dan virtual dari Australia,” pungkasnya.

 

Diketahui, dalam serangkaian Hari Jadi Kabupaten Jombang ke-111 tersebut juga diadakan mauidhah hasanah yang disampaikan KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq asal Yogyakarta.

 

Penulis: Qona’atun Putri Rahayu


Matraman Terbaru