• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pemerintahan

Hari Jadi ke-490, Ra Latif Wujudkan Bangkalan Sejahtera

Hari Jadi ke-490, Ra Latif Wujudkan Bangkalan Sejahtera
Bupati Bangkalan saat memimpin upacara. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)
Bupati Bangkalan saat memimpin upacara. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Kabupaten Bangkalan menggelar upacara hari jadi ke-490 pada Senin (25/10) di halaman kantor Pemkab Bangkalan. Di usia yang sudah lanjut ini Pemkab Bangkalan terus berikhtiar untuk mewujudkan kesejahteraan.

 

Dalam menyelesaikan seluruh program kerja yang direncanakan, Pemkab Bangkalan didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa, sampai pengurus RT/RW. Sehingga kinerja Pemkab Bangkalan masih mampu dijaga dan dipertahankan meski ditengah kesulitan akibat pandemi Covid-19.

 

Salah satu cara mengetahui capaian kinerja adalah dengan mengukur capaian indikator visi-misi. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja perangkat daerah tahun 2021 persentase ketercapaian visi-misi Kabupaten Bangkalan dibawah kepemimpinan Bupati R Abdul Latif Amin Imron pada tahun ketiga adalah 69,58 persen. 

 

"Insyaallah sisa dua tahun mendatang saya dan Pak Wabup akan meraih angka 100 persen sebagai persembahan bagi masyarakat Bangkalan," kata Bupati Ra Latif saat memimpin upacara hari jadi.

 

Selain capaian visi-misi, tolak ukur lainnya dalam menilai capaian kinerja adalah penilaian penatausahaan keuangan oleh BPK RI. Selama tiga tahun berturut-turut Pemkab Bangkalan mampu menyajikan laporan keuangan kepada BPK RI dengan predikat tertinggi yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

 

Selama Ra Latif memimpin, beberapa prestasi dan penghargaan juga berhasil diraih. Di antaranya penghargaan atas penyelesaian Desa tertinggal tercepat se-Jawa Timur Tahun 2021, penghargaan predikat pratama Kabupaten Layak Anak tahun 2021, penghargaan inseminasi buatan dalam Bidang Peternakan, penghargaan Inovasi Pertanian melalui Taring Bang Jani dan beberapa penghargaan prestasi bidang olah raga, serta prestasi di bidang lainnya.

 

"Bila kita cermati semua torehan prestasi yang kita raih adalah bidang-bidang yang muaranya mengarah pada sektor peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tagline kepemimpinan kami yaitu Bangkalan Sejahtera serta tema peringatan hari jadi Kabupaten Bangkalan ke-490 tahun 2021 yaitu Menuju Bangkalan Sejahtera," imbuh Bupati.


Pemerintahan Terbaru