• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 19 Januari 2022

Pantura

Begini Cara Mahasiswa IAINU Tuban Bangun Semangat Literasi

Begini Cara Mahasiswa IAINU Tuban Bangun Semangat Literasi
Flyer seminar literasi nasional yang digelar LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul M).
Flyer seminar literasi nasional yang digelar LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul M).

Tuban, NU Online Jatim

Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Makhdum Ibrahim menggelar seminar nasional. Acara tersebut dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting, Senin (30/08/2021).

 

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Cara Mewujudkan Kemerdekaan Literasi di Lingkup Mahasiswa’, dengan diikuti oleh puluhan mahasiswa pegiat literasi dari sejumlah kampus di Indonesia.

 

Pembina LPM Makhdum Ibrahim, M Zakin mengatakan, bahwa literasi itu sangat penting. Karena tanpa disadari dengan tulisan mampu memberikan manfaat kepada orang lain yang ada di sekitar.

 

“Apa yang kita lakukan dengan tulisan bisa memberikan manfaat bagi orang lain,” ungkap Zakin.

 

Zakin menambahkan, bahwa di kampus IAINU Tuban saat ini sudah ada media yang siap menampung segala macam tulisan, baik berita, esai, opini, puisi dan jenis tulisan lainnya.

 

“Di kampus IAINU Tuban kita sudah punya media untuk menyalurkan ekspresi. Diharapkan seluruh elemen mahasiswa dapat berkontribusi di media ini,” tuturnya.

 

Sementara Ketua LPM Makhdum Ibrahim, Nunuk Rahmawati mengatakan, seminar tersebut diharapkan untuk menunjang kemampuan mahasiswa di bidang literasi. Mengingat, dunia literasi merupakan hal yang terus melekat pada diri mahasiswa.

 

“Atau paling tidak, seorang mahasiswa dituntut harus memiliki semangat literasi yang tinggi,” ujarnya.

 

Menurut Nunuk Rahmawati, hal tersebut cukup beralasan karena literasi di dunia kampus menjadi hal pokok yang penting diketahui. Semisal pembuatan makalah, skripsi dan tugas lainnya, kesemuanya itu berhubungan erat dengan literasi.

 

“Literasi tidak hanya fokus di tulisan, namun membaca juga jadi bagian dari literasi itu sendiri,” pungkasnya.

 

Penulis: Dhahrul Mustaqim

Editor: A Habiburrahman


Pantura Terbaru