• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pantura

Kampus IAI Al Hikmah Alih Status Menjadi UAI Tuban

Kampus IAI Al Hikmah Alih Status Menjadi UAI Tuban
Gedung kampus Universitas Al Hikmah Indonesia Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Gedung kampus Universitas Al Hikmah Indonesia Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim
Kampus Institut Agama Islam (IAI) Al Hikmah Tuban saat ini mengalami perubahan besar, di mana saat ini bertransformasi menjadi Universitas Al Hikmah Indonesia Tuban.


Diketahui, kampus IAI Al Hikmah sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi keagamaan Islam di Tuban dengan latar belakang pondok pesantren yang terletak di Tuban bagian selatan tepatnya Desa Binangun, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.


Dikonfirmasi oleh NU Online Jatim pada Selasa (26/03/2024), Mujib Ridlwan membeberkan alih status dari institut menjadi universitas tidak lain menurutnya ada dua hal penting, salah satunya karena suatu kebutuhan bersama.


"Kedua untuk membuka ruang lebih luas dengan menambah prodi yang beragam," katanya.



Lebih lanjut, Gus Mujib sapaannya menginginkan kampus UAI Tuban yang berada di lingkungan pondok pesantren tersebut menjadi go internasional. Sebab menurutnya masih belum banyak kampus-kampus dengan latar belakang agama maupun pesantren yang bisa melangkah ke sana. Gus Mujib pun optimis suatu saat Universitas Al Hikmah Indonesia bisa mencapai hal itu.



"Nama kampus dari IAI Al Hikmah Tuban menjadi Universitas Al Hikmah Indonesia diharapkan kampus ini akan bisa bicara di dunia internasional. Karena masih belum banyak kampus dari pesantren yang bisa meroket ke dunia internasional, 10 atau 20 tahun ke depan semoga terlampaui," harapnya.


Gus Mujib mengambil beberapa langkah untuk mewujudkan itu semua, dengan meningkatkan SDM para dosen serta menambah doktor maupun guru besar yang berada di Kampus Universitas Al Hikmah Indonesia. Sehingga apa yang impikan oleh civitas akademika benar-benar bisa terwujud.


"Untuk melampaui itu, kita dorong kualitas SDM dengan menambah jumlah doktor dan tentu guru besar dalam 5 tahun ke depan, serta mendorong penelitian dan tulisan di jurnal baik jurnal nasional maupun internasional," pungkasnya.


Pantura Terbaru