• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Pantura

Madrasah di Lamongan Gali Potensi Anak Didik Lewat Porseni

Madrasah di Lamongan Gali Potensi Anak Didik Lewat Porseni
Pemberian hadiah dalam ajang Porseni yang diadakan KKMI Kecamatan Sarirejo, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)
Pemberian hadiah dalam ajang Porseni yang diadakan KKMI Kecamatan Sarirejo, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)

Lamongan, NU Online Jatim 

Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan mengadakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), Senin (13/12/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Assa'adah, Dusun Mloko, Desa Gempoltukmloko, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan itu dimaksudkan guna menggali potensi anak didik. 

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh PPAI Kecamatan Sarirejo Nanik Trismawati. Kegiatan ini pun diikuti oleh 468 peserta dari 18 Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Sarirejo. Antusiasme peserta ini membuat agenda tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak.

 

Nunik Trismawati menyampaikan, agar dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mempererat ikatan silaturahim antar lembaga. Serta dapat menguji daya saing dan kreatifitas anak didik di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sarirejo.

 

“Sehingga nantinya dapat menghasilkan bibit-bibit unggul untuk mewakili Kecamatan Sarirejo di ajang serupa di tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada 18 Desember 2021,” ujarnya. 

 

Nunik juga mengapresiasi atas terlaksananya Porseni tahun ini. Apalagi, pelaksanaan Porseni  tersebut juga mendatangkan dewan juri dari luar Kabupaten Lamongan.

 

“Alhamdulillah, Porseni kali ini juri yang bertugas tidak hanya dari Kabupaten Lamongan sendiri, akan tetapi juga dari kabupaten/kota sekitar,” terangnya.

 

Sementara ketua panitia Porseni, Mohammad Mukhlisin mengatakan, dengan dilaksanakanya kegiatan ini diharapkan untuk mencetak adak didik yang unggul di tingkat Kabupaten Lamongan. 

 

“Syukur-syukur jika bisa lolos dan melaju ke tingkat provinsi hingga Nasional,” ucapnya.

 

Karena dengan begitu, menurutnya dapat membuktikan bahwa madrasah di lingkungan pedesaan atau daerah terpencil juga tidak kalah mempuni dalam persaingan lomba Porseni tersebut.

 

“Jika demikian, itu membuktikan bahwa madrasah di pedesaan seperti Kecamatan Sarirejo juga tidak kalah bersaing dengan madrasah besar di perkotaan,” pungkasnya.

 

Dari kegiatan tersebut menghasilkan tiga madrasah yang mendominasi dalam ajang Porseni tersebut, yakni MI Miftahul Ulum, MI Muhyiddin, dan MI Darul Ulum. Sedangkan juara umum diraih oleh MI Miftahul Ulum dengan perolehan 13 medali.

 

Editor: A Habiburrahman


Pantura Terbaru