• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Pantura

Mahasiswa PAI Unisla Diterjunkan untuk Menulis Pesantren

Mahasiswa PAI Unisla Diterjunkan untuk Menulis Pesantren
Pelatihan menulis mahasiswa PAI Unisla di Aula Unisla Lamongan, Kamis (24/03/2021). (Foto: NOJ/TNM)
Pelatihan menulis mahasiswa PAI Unisla di Aula Unisla Lamongan, Kamis (24/03/2021). (Foto: NOJ/TNM)

Lamongan, NU Online Jatim

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggelar pelatihan menulis di Aula Unisla pada Kamis (24/03/2021). Nantinya, mahasiswa peserta pelatihan akan diterjunkan ke lapangan untuk meneliti dan menulis pesantren-pesantren yang ada di Kabupaten Lamongan.

 

Sebanyak 90 mahasiswa Prodi PAI bergabung dalam pelatihan itu. Pelatihan menghadirkan pemateri Abdullah Hamid. Ia adalah aktivis pesantren tingkat nasional, pendiri pesantren.id, Divisi Media dan Data RMI PBNU, Wakil Sekretaris Gerakan Nasional Ayo Mondok sekaligus Koordinator Divisi Media dan Humas Satkor Covid-19 RMI PBNU.

 

Sebetulnya, pelatihan menulis digelar berkaitan dengan tugas mata kuliah academic writing yang diampu oleh Winarto Eka Wahyudi. Mata kuliah itu diproyeksikan agar mahasiswa melahirkan sebuah karya tulis. Karena itu mahasiswa perlu dilatih menulis secara mendalam.

 

Eka Wahyudi mengatakan, mata kuliah academic writing didesain dengan menggunakan metode project based learning atau pembelajaran berbasis proyek. Tujuan akhirnya ialah lahirnya karya tulis dari tangan para mahasiswa yang diajarnya.

 

Ketua Program Studi Magister PAI Unisla itu menambahkan, sebanyak 90 mahasiswa peserta pelatihan akan diterjunkan ke seluruh pesantren di Lamongan untuk melakukan riset kecil lalu menulis profil dan khazanah keilmuan di pesantren yang diteliti.

 

Materi yang diteliti dan ditulis berkenaan dengan keilmuan dan karakter khas pesantren yang. Baik dalam konteks profil kiai atau pengasuhnya, kajian keislamannya serta kiprah sosial dan kebangsaannya. Termasuk fakta-fakta unik yang menarik dari pesantren maupun pengasuh yang diteliti.

 

"Semoga dalam kurun waktu dua bulan ini hajat menulis ensiklopedi pesantren Lamongan akan segera bisa di-launching," kata Eka.

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru