• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Pantura

Pelajar NU di Lamongan Lestarikan Tradisi Ziarah Muassis

Pelajar NU di Lamongan Lestarikan Tradisi Ziarah Muassis
Pelajar NU Ranting Tunggul berziarah ke makam pendiri NU daerah setempat. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)
Pelajar NU Ranting Tunggul berziarah ke makam pendiri NU daerah setempat. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)

Lamongan, NU Online Jatim

Pelajar NU di Kabupaten Lamongan terus menjaga dan melestarikan tradisi ziarah para muassis atau pendiri NU dan waliyullah. Kegiatan seperti itu terutama dilakukan menjelang pelaksanaan kegiatan tertentu di organisasi mereka, yakni Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU).


Seperti yang dilakukan pengurus dan kader Pimpinan Komisarit Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU Universitas Islam Lamongan (Unisla) pada Kamis (03/02/2022). Mereka berziarah ke makam beberapa pendiri NU dan waliyullah di kabupaten setempat.


Hal itu dilakukan untuk bertawassul berharap berkah dari Allah menjelang pelaksanaan Rapat Anggota dan Konferensi Komisariat di Gedung SMK NU Lamongan pada 12-13 Maret 2022. agar acara kegiatan ini berjalan lancar serta mendapatkan pemimpin yang diharapkan,” kata Wulan Mayda Nur Nayla, Ketua IPPNU Unisla, Sabtu (05/03/2022).


Menurutnya, kegiatan dimaksud penting dilakukan agar kegiatan yang hendak dilaksanakan diridlai muassis. Selain itu, sebagai bentuk merawat tradisi leluhur terkait ziarah tersebut. Wulan mengatakan, hal itu penting apalagi untuk membesarkan NU.


“Adapun makam-makam tokoh yang diziarahi pada kegiatan tersebut yaitu muassis NU keluarga besar Unisla, Sunan Drajat, Maulana Ishaq, dan terakhir Sunan Sendang,” kata Wulan.


Hal sama dilakukan oleh pelajar NU Ranting Tunggul, Kecamatan Paciran. Bedanya, di sini mereka berziarah dalam rangka memperingati Harlah IPNU-IPPNU. Mereka berziarah ke makam KH Amien, pendiri NU di daerah setempat pada Kamis (03/03/2022). Kiai Amien juga dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan.


“Ziarah ini adalah bagian dari konsolidasi kita dalam menjalankan organisasi, serta sebagai bentuk silaturahim antaranggota yang bisa dilakukan setelah tahlil. Kegiatan Ini sangat penting sebagai bentuk kekuatan kebersamaan. Tidak harus dengan formal dalam rapat atau konsolidasi," kata Moh Arif Furqon, Ketua IPNU Ranting Tunggul.


Sedangkan Ahmad Shofiudin, Ketua Ranting IPNU Dagan berharap kegiatan ini bisa menjadi suatu program kerja bulanan bagi Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Desa Tunggul. “Supaya nantinya lebih mempererat tali silaturahmi antara pimpinan Ranting Tunggul dan Pimpinan Ranting Dagan," ujarnya.


Penulis : Endang Larassati dan Wildan Hamdi Tsani


Pantura Terbaru