• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Pemerintahan

Pesantren Al Muttaqin Jember, Wadahi Santri dan Alumni untuk Berbisnis

Pesantren Al Muttaqin Jember, Wadahi Santri dan Alumni untuk Berbisnis
Roti Bintang Manis. (Foto: NOJ/oj)
Roti Bintang Manis. (Foto: NOJ/oj)

Jember, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Al Muttaqin Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, adalah salah satu pesantren produktif yang bergerak di bidang kuliner. Produk roti yang diberi nama Bintang Manis menjadi produk unggulan pesantren ini. Menurut Fajrur, pengurus Pondok Pesantren Al Muttaqin Jember, produk ini menjadi salah satu upaya pesantren untuk mengembangkan bisnis yang selaras dengan visi dan misi One Pesantren One Product (OPOP).

 

“Kami menyambut baik adanya program OPOP. Oleh karena itu, dalam mewujudkan tujuan OPOP yaitu mengembangkan bisnis pesantren, kami merintis usaha produk roti ini,” katanya pada Sabtu (05/12/2020).

 

Bisnis yang dimulai sejak tahun 2017 ini tidak berjalan mulus, melainkan ada beberapa hambatan harga penjualan.

 

“Kami tidak bisa menjual roti dengan harga lebih dari seribu. Karena pasti tidak laku. Disini konsumen memilih roti yang enak dengan harga murah,” ujarnya.

 

Sedangkan, sistem pemasarannya memanfaatkan jaringan dari guru-guru pesantren.

 

“Sementara ini, pemasaran masih memanfaatkan jaringan dari guru-guru pesantren. Kami juga mencoba memasarkan kepada konsumen di luar pesantren, dan harganya bisa 2000 rupiah,” terangnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa konsumen cukup tertarik dengan produk roti ini. Karena selain harganya yang murah, bahan bakunya juga tidak memakai bahan pengawet.

 

“Selain harga yang murah, roti ini tidak menggunakan bahan pengawet,” tambahnya.

 

Dengan adanya bisnis pesantren ini, alumni Al Muttaqin juga terbantu untuk mendapatkan penghasilan.

 

“Alumni kami ikut sertakan dalam bisnis ini. Sehingga mereka bisa mendapatkan pengasilan dari sini,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru