• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pemerintahan

Santripreneur OPOP Jatim Usung Sejumlah Program Kewirausahaan

Santripreneur OPOP Jatim Usung Sejumlah Program Kewirausahaan
H Abdul Adzim, tim santripreneur OPOP Jatim. (Foto: NOJ/rs)
H Abdul Adzim, tim santripreneur OPOP Jatim. (Foto: NOJ/rs)

Sidoarjo, NU Online Jatim

One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur terus menunjukkan geliatnya untuk membangun perekonomian di pesantren. Di tahun 2021 ini, OPOP Jawa Timur menggelar sosialisasi program kepada perwakilan pesantren se-Jawa Timur. Kegiatan ini digelar di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) pada Rabu (31/03/2021) hingga Selasa (06/04/2021) mendatang.

 

H Abdul Adzim, tim Santripreneur dalam kesempatan ini memaparkan sejumlah program yang akan diusung. Pertama, OPOP Jawa Timur akan menyiapkan satu materi entrepreneurship yang akan masuk ke dalam kurikulum pesantren.

 

“Kami akan membuat materi entrepreneurship yang cocok untuk diadopsi pesantren. Dalam penyusunannya kami akan melibatkan Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, dan usulan dari pesantren-pesantren,” katanya, Kamis (01/04/2021).

 

Program kedua adalah santri digital camp yang bertujuan untuk melahirkan santri-santri yang ahli dalam programming.

 

“Program santri digital camp ini adalah jawaban bahwa program OPOP Jawa Timur bukan hanya hibah tapi ada efek berkepanjangan,” terangnya.

 

Ketiga, seminar entreprenurship yang akan digelar di 12 titik. Pria yang akrab disapa Gus Adzim tersebut menjelaskan bahwa pada program ini akan ada beberapa proses pendampingan kepada santri.

 

“Program ini diawali dengan pembukaan mindset santri terkait entrepreneurship, kemudian mentoring, dan rencana tindak lanjut,” jelasnya.

 

Dan yang keempat adalah program penghargaan untuk wirausaha santri.

 

“Sasarannya adalah santri yang sudah punya usaha sudah berjalan akan diapresiasi oleh OPOP, diberi modal cuma-cumaa, akses perbankan, dan pembinaan yang akan dikawal oleh OPOP,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru