• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

Mahasiswa PPL Unisma Jalankan Tiga Program Kerja di SMAN 3 Malang

Mahasiswa PPL Unisma Jalankan Tiga Program Kerja di SMAN 3 Malang
Mahasiswa PPL Unisma jalankan tiga program kerja di SMAN 3 Malang. (Foto: NOJ/Doc. Pribadi)
Mahasiswa PPL Unisma jalankan tiga program kerja di SMAN 3 Malang. (Foto: NOJ/Doc. Pribadi)

Malang, NU Online Jatim
Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Terpadu Universitas Islam Malang (Unisma) 2022 melaksanakan pengabdian dan menjalankan program kerja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Malang atau Bhawikarsu pada hari Senin (25/07/2022) hingga Senin (19/09/2022).


Sembilan mahasiswa Unisma yang berasal dari 3 Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan Matematika ini mengadakan berbagai kegiatan untuk menunjang sumber daya manusia dan sarana prasarana.


Ketua Kelompok PPL KSM Terpadu Unisma, Zainuddin mengatakan, ia bersama tim menjalankan beberapa program kerja yang berkaitan menyangkut bidang pendidikan, bidang sarana dan prasarana, serta bidang sosial dan keagamaan.


"Pertama, kami mengadakan lomba antar guru, karyawan, dan staff dalam rangka memeriahkan HUT RI dan Hari Lahir Bhawikarsu. Kedua kami membenahi dan menata ulang musala. Dalam hal ini kami menyortir mukena yang layak pakai, mencuci mukena dan kelambu pembatas shaff, menata ulang mukena, sajadah, dan sarung layak pakai," katanya.


Dijelaskan, membenahi dan menata ulang musala merupakan hal penting yang sering dilupakan, karena tempat ibadah yang bersih dan nyaman perlu pendukung khusuknya beribadah. Selanjutnya, membenahi dan menata ulang rak penitipan barang yang selama ini tidak terawat.  Berbagai cara di lakukan seperti halnya membersihkan rak, membuang sampah yang tertimbun dalam rak, mengecat ulang, memberikan petunjuk penitipan barang, serta pemberian aksesoris rak penitipan barang.


“Selain menjalankan 3 program kerja tersebut, kami juga melakukan pembaharuan pojok baca Bhawikarsu yang dikenal dengan Cafe Ide,” terangnya.


Ditempat Cafe Ide ini banyak digunakan siswa-siswi SMA Negeri 3 Malang untuk menghabiskan waktu, baik untuk belajar maupun sekadar bersantai satu sama lain.


Sementara itu, salah satu Tenaga Keamanan Bhawikarsu, Bibit Pilianto mengungkapkan rasa senangnya karena berbagai program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL KSM Terpadu Unisma 2022.


"Saya senang sekali dengan program kerja dari PPL FKIP Unisma. Setelah ini anak-anak jadi bisa menitipkan barang dengan tertib dan tertata rapi, sekaligus melihat senyum cerianya ketika membaca di Cafe ide," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru