• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

Oshika Maba Pascasarjana Unisma, Rektor Unisma: Spesial dengan Bersarung

Oshika Maba Pascasarjana Unisma, Rektor Unisma: Spesial dengan Bersarung
Oshika Maba Pascasarjana Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Oshika Maba Pascasarjana Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Menteri Koordinator (Menko) Bidang  Hukum, dan Keamanan (Polhukam) RI, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD bersama Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri secara resmi membuka Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika Maba) program Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) tahun 2022.


Kegiatan bertajuk 'Media Akselerasi Transformasi Menuju Mahasiswa yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing di Era 4.0' dipusatkan di Hall KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pascasarjana, Unisma, Jum'at (23/09/2022).


"Selamat datang Prof Mahfud di kampus hijau, kampusnya Nahdlatul Ulama. Hari ini spesial karena semuanya memakai sarung, termasuk Pak Menko Polhukam," kata Prof. Dr. H. Maskuri dalam sambutannya.


Dijelaskan, Unisma telah memiliki reputasi tinggi di tingkat nasional. Bahkan, posisi Unisma sebagai kampus NU kurang lebih 300 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (TNU) di seluruh Indonesia, Unisma merupakan perguruan tinggi nomor satu.


"Dilihat dari berbagai sisi, seperti sisi manajemen, kualitas SDM, riset, pengabdian kepada masyarakat, indikator kinerja utama, kreativitas mahasiswa, semua memenuhi syarat,” terangnya.


Bahkan, berdasarkan peringkat UniRank Juli 2022, Unisma menjadi perguruan tinggi swasta nomor satu se-Malang Raya. Di tingkat Jawa Timur, pada UniRank Juli 2022 Unisma berada pada urutan pertama dari 328 perguruan tinggi swasta.


“Kemudian, di tingkat nasional perguruan tinggi swasta, Unisma berada pada urutan ke 14 dari 4.300 lebih kampus swasta," jelasnya.


Rektor Unisma memaparkan, kinerja kemahasiswaan Unisma juga menduduki peringkat ke 25 baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Satu bulan yang lalu mendapatkan satu data yang real, bahwa Unisma masuk dalam urutan ke 33 perguruan tinggi Islam di top dunia.


“Satu digit di atas Al Azhar Mesir, padahal tekad kami yakni membawa kebesaran Al Azhar Mesir pindah ke Unisma," paparnya.


Turut hadir diantaranya Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Unisma Dr. H. Mochtar Data, Direktur Pascasarjana Unisma Prof. H. M. Mas'ud Said, Rektor Unisma periode 1998-2006 yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Prof. Dr. H. Achmad Sodiki, dan lain sebagainya.


Pendidikan Terbaru