• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 19 Mei 2024

Pendidikan

Pengmas FK Unusa Dirikan Poskestren di Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin Bangkalan

Pengmas FK Unusa Dirikan Poskestren di Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin Bangkalan
Layanan kesehatan di {oskestren. (Foto: NOJ/humas)
Layanan kesehatan di {oskestren. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FK Unusa dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menginisisai pendirian Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan.


Diketuai oleh dr Hotimah, kegiatan ini diawali dengan pemberian pelatihan dan pemahaman tentang tata kerja dan tata kelola serta pelatihan kader dan penanggungjawab Poskestren.

 

"Ini kami lakukan agar setelah Poskestren terbentuk tidak sekadar ada, tapi benar-benar berfungsi dan bermanfaat bagi warga ponpes maupun masyarakat sekitar pondok," katanya.


Dalam pelatihan, sedikitnya 50 warga pondok terlibat baik sebagai kader dan pengurus. Mereka telah dilatih mulai dari penanganan awal pasien atau pertolongan dasar hingga perawatan di Poskestren.

 

"Kami bangga para peserta dan kader mengikuti dengan serius tahapan pelatihan, sehingga kami yakin Poskestren ini ke depannya dapat berjalan dengan baik, demikian pula kerjasama dan dukungan dari Puskesmas setempat telah difasilitasi," terangnya.


Keyakinan dr Hotimah ini diperkuat dan dibuktikan pula saat peresmian Poskestren yang dihadiri oleh Muspika setempat. Dalam sambutan peresmian Poskestren, Perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren, Anang Sudarto mengungkapkan, ia sangat berterima kasih kepada Unusa yang telah menginisiasi pendirian Poskestren di pondoknya.

 

"Selama ini jika ada santri yang mendadak sakit kami tergopoh-gopoh membawanya ke Puskesmas yang letaknya relatif jauh. Jika sakitnya siang hari tidak masalah, tapi jika malam hari, kami kesulitan. Keberadaan Poskestren dipastikan dapat mengatasi tindakan awal sebelum santri ke Puskesmas atau rumah sakit," ungkapnya.


Ia bahkan berharap ke depan Poskestren akan menjadi klinik yang tidak hanya melayani santri, tapi juga masyarakat sekitarnya sesuai tag line-nya, kependekan dari kata Serasi, Sehat Sejahtera Menginspirasi, Menuju Indonesia Sehat di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin.

 

“Kami menyampaikan terimakasih atas kepedulian dari Unusa untuk menginisiasi semua ini. Kami yakinkan pengurus dan kader Poskestren akan menjadi ujung tombak Kesehatan di pondok ini,” pungkasnya. 


Pendidikan Terbaru