• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Pendidikan

PGMI UIN Malang Gelar Pelangi dengan Ragam Kegiatan Lomba

PGMI UIN Malang Gelar Pelangi dengan Ragam Kegiatan Lomba
Ketua Prodi PGMI UIN Malang, Dr. Bintoro Widodo saat memberikan penghargaan di malam puncak Pelangi 2022. (Foto: NOJ/Doc. Panitia)
Ketua Prodi PGMI UIN Malang, Dr. Bintoro Widodo saat memberikan penghargaan di malam puncak Pelangi 2022. (Foto: NOJ/Doc. Panitia)

Malang, NU Online Jatim
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Pekan Olahraga, Akademik dan Seni (Pelangi) 2022 sejak Kamis (10/11/2022) hingga Ahad (13/11/2022) malam. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka Dies Maulidiyah PGMI UIN Malang.


Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI UIN Malang, Muhammad Nizar Zamroni memaparkan telah menyelenggarakan Pelangi 2022 dan Dies Maulidiyah PGMI dengan ragam kegiatan mulai dari Lomba Internal maupun Lomba Eksternal.


"Mulai Kamis, kami mengadakan Seminar Nasional 2022. Kemudian, Jum'at internal PGMI menggelar senam dan lomba permainan tradisional, tasyakuran potong tumpeng dan istighosah. Hari Sabtu, kegiatan eksternal turnamen futsal SD/MI,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (13/11/2022).


Berikutnya, Ahad pihaknya mengadakan lomba tari mahasiswa, tari dan mewarnai SD/MI, essay, cipta puisi, dan microteaching mahasiswa. Kemudian ada kreasi barang bekas dan kegiatan ditutup dengan malam puncak panggung apresiasi mahasiswa PGMI. Dijelaskan, kegiatan yang terselenggara tersebut merupakan kegiatan tahunan pertama yang digelar secara offline pasca pandemi Covid-19.


"Tahun lalu semi offline, sekarang ini full offline hingga kami kuwalahan karena membludaknya peserta yang mendaftar," jelas mahasiswa PGMI semester 5 tersebut.


Nizar berharap, pelaksanaan Pelangi dan dies maulidiyah PGMI di tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik dari yang sudah terselenggara.


Sementara itu, Ketua Prodi PGMI UIN Malang, Dr. Bintoro Widodo menambahkan, dies maulidiyah tahun berikutnya dapat lebih sesuai dengan tujuan dan karakter pembelajaran PGMI. "Kami sudah merancang mulai dari kreasi, olahraga, dan seni. Kemungkinan di tahun berikutnya akan kita tambah dengan sains dan penambahan lomba olahraga," tuturnya.


Pihaknya berpesan agar mahasiswa PGMI dapat memanfaatkan kegiatan Pelangi ini untuk pembelajaran tersendiri karena ini kesempatan bagi mahasiswa PGMI menunjukkan kreativitas guna menunjang kelebihan masing-masing mahasiswa di dunia kerja nantinya.


Pendidikan Terbaru