• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Pendidikan

HTQ UIN Malang Gelar Seminar Qur'an Nasional bagi Generasi Z

HTQ UIN Malang Gelar Seminar Qur'an Nasional bagi Generasi Z
Suasana Seminar Nasional HTQ UIN Malang di aula gedung KH. Oesman Mansur. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Suasana Seminar Nasional HTQ UIN Malang di aula gedung KH. Oesman Mansur. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk ‘Menumbuhkan Jiwa Qur'ani dengan Menyelami Kalam Ilahi bagi Generasi Z’.  Acara yang dihadiri lebih dari 200 orang dilaksanakan di Aula Gedung KH. Oesman Mansur,Sabtu (12/11/2022).


Ketua Panitia Seminar Nasional HTQ UIN Malang, Husni Nur Miftah mengatakan, acara ini menghadirkan dua tokoh bidang kajian Al Qur’an di antaranya KH. M. Afifuddin Dimyathi dengan materi berjudul Menambah Rasa Cinta, Menyibak Keindahan tak Terhenti, Mengarungi Samudera tak Bertepi serta Dr. H. Fahrur Rozi yang membawakan materi Waqaf Tanda Berhenti, Bahasa Cinta untuk Memaknai.


"Seminar ini bertujuan untuk mengajak generasi Z mengenal dan memahami ilmu-ilmu yang terkandung dalam bunyi, bahasa, dan makna Al Qur'an," katanya.


Dijelaskan, dengan mengenal rahasia keindahan Al Qur’an maka akan muncul semangat dan niat yang baik untuk mempelajari dan memahami Al Qur’an. Terutama bagi para penghafal Al Qur'an, semangat harus senantiasa dipupuk dengan berkumpul bersama orang-orang berilmu.


Senada dengan itu, Ketua HTQ UIN Malang, Drs. Abdullah Zainur Rouf, M.HI sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh pengurus HTQ beserta para pembina. HTQ memang spesialis dalam menghafal Al Qur'an bagi mahasiswa UIN Malang khususnya, sehingga kegiatan semacam ini penting sebagai ikhtiar menambah semangat dalam menghafal Al Qur'an.


Materi pertama yang dibawakan oleh KH. Afifuddin Dimyathi menjelaskan, para penghafal Al Qur'an merupakan hamba pilihan Allah. Selain itu, Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an, Jombang tersebut juga menjelaskan tentang Keindahan sastra dan Stilistika dalam Narasi Al Qur’an.


Sementara itu, materi kedua yang dibawakan oleh KH. Fahrur Rozi menjelaskan tentang Ragam dan Urgensi Waqaf-Ibtida' di dalam Al Qur’an.


Untuk diketahui, seminar Al Quran nasional ini akan dilaksanakan secara konsisten kedepannya.


Pendidikan Terbaru