• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Pendidikan

IKHFA UIN Malang Gelar Silaturahim Anggota Lintas Angkatan

IKHFA UIN Malang Gelar Silaturahim Anggota Lintas Angkatan
Ikatan Keluarga Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an (IKHFA) UIN Malang lintas angkatan melaksanakan majelis perdana pada kepengurusan yang baru. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Ikatan Keluarga Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an (IKHFA) UIN Malang lintas angkatan melaksanakan majelis perdana pada kepengurusan yang baru. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Ikatan Keluarga Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an (IKHFA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang yang merupakan wadah bagi para alumni UIN Malang penghafal Al Qur’an dari berbagai lintas angkatan menggelar majelis khotmil Qur'an perdana pada periode kepengurusan yang baru di salah satu rumah anggota, Ahad (06/11/2022).


Ketua Umum IKHFA, Ainul Yaqin mengatakan, majelis ini merupakan upaya untuk mewadahi alumni penghafal Al Qur’an yang sebelumnya tergabung dalam Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an (HTQ) UIN Malang agar tetap memiliki waktu dan tempat khusus untuk tetap konsisten menjaga kalam ilahi yang telah dihafalkan.


"Seorang penghafal Al Qur’an sudah terjun dalam masyarakat baik itu bekerja maupun berkeluarga tentu sudah sangat sibuk, sehingga keberadaan majelis demikian sangat penting," katanya.


Gus Yaqin menerangkan, majelis perdana ini juga dalam rangka memperingati serta menghormati haul dua ulama besar yang memiliki peran baik langsung maupun tidak langsung untuk HTQ, di antaranya adalah KH. Masduqi Mahfudz, pendiri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah (PPSS) Nurul Huda Mergosono dan KH. Maftuh Bahtsul Birri, pendiri Pondok Pesantren Murottilil Quran, Lirboyo.


"Rangkaian acara majelis ini juga dalam rangka melanggengkan budaya ziarah ke makam beberapa waliyullah di sekitar," terangnya.


Pihaknya berharap, ikatan alumni penghafal Al Qur’an seperti IKHFA dapat menjadi bukti bahwa HTQ UIN Malang mampu mencetak mahasiswa yang berkarakter Qur'any. "Mengutip perkataan Prof. Imam Suprayogo, bahwa lembaga pendidikan dikatakan besar jika ada ikatan alumni yang solid dan aktif, dalam hal ini seperti IKHFA berupaya mencapai itu," jelasnya.


Tak hanya itu, kedepan IKHFA telah merancang berbagai program baik untuk soliditas internal maupun berkaitan dengan masyarakat eksternal.


Sementara itu, Ketua Pembina IKHFA, Ustadz Musthofa Makky, M.Pd. sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan IKHFA dan berpesan agar apa yang dilakukan semata-mata untuk mencari ridha Allah.


"Perkumpulan semacam ini adalah miniatur berkumpulnya hamba Allah kelak di Surga-Nya," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru