• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Pendidikan

HUT ke-61, UIN Malang Launching Buku Hasil Karya Puluhan Guru Besar

HUT ke-61, UIN Malang Launching Buku Hasil Karya Puluhan Guru Besar
UIN Malang launching buku hasil karya puluhan guru besar di aula rektorat lantai 5. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
UIN Malang launching buku hasil karya puluhan guru besar di aula rektorat lantai 5. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar rapat senat terbuka sebagai salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61. Di acara tersebut juga launching lima buku beberapa di antaranya merupakan masterpiece atau karya puluhan guru besar UIN Malang berlangsung khidmah di Aula Rektorat lantai 5 UIN Malang, Sabtu (29/10/2022).


Ketua senat UIN Malang, Prof. A. Muhtadi Ridwan mengatakan, pengadaan buku ini merupakan beberapa contoh dari ribuan buku yang sudah dicanangkan sejak 2018. Pengadaan lima buku tersebut melibatkan guru besar, dosen, mahasiswa, alumni dan staf akademisi lain.


“Sedangkan kelima buku tersebut di antaranya adalah Gagasan Besar Guru Besar jilid 1, jilid 2, dan jilid 3 bertajuk ‘Menuju Era Santri 5.0 dan Santri Siaga Jiwa Raga’,” katanya.


Tiga dari lima buku tersebut, menurutnya merupakan karya puluhan guru besar UIN Malang. Sedangkan dua lainnya merupakan kompilasi karya ilmiah dosen UIN Malang dan kompilasi 85 karya tulis mahasiswa, alumni, santri, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes), anggota lembaga profesi, dosen dan karyawan serta melibatkan kampus lain.


"Keduanya digawangi dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang, Prof Nur Ali," terangnya.


Selain itu akan segera menyusul buku bertema militansi santri dalam menyongsong Indonesia ke depan yang masih dalam proses dan digawangi oleh Fakultas Syariah dan buku inisiasi alumni.


"Buku ini merupakan masterpiece dari para akademisi dan akan segera disebarkan serta dipublikasikan kepada beberapa pihak, baik internal maupun eksternal," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru