• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

Lima Mahasiswa UIN Malang Torehkan Prestasi di Semarang

Lima Mahasiswa UIN Malang Torehkan Prestasi di Semarang
Lima mahasiswa UIN Malang torehkan prestasi di Semarang. (Foto: NOJ/humas)
Lima mahasiswa UIN Malang torehkan prestasi di Semarang. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim
Lima mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang telah menorehkan hasil dalam even Festival Padang Pasir yang digelar oleh UIN Walisongo Semarang. UIN Malang berhasil membawa pulang tiga juara sekaligus dari setiap cabang yang diikuti dalam even mulai dari hari Senin-Selasa (17-18/10/2022).


Ketua Prodi BSA UIN Malang, Dr Abdul Basid mengaku senang sekaligus mengapresiasi perolehan yang dicapai mahasiswa. Ini menunjukkan tren baik dimana mahasiswa Prodi BSA mampu mengukir prestasi dalam beberapa perlombaan, termasuk selama satu semester terakhir. Tidak hanya itu juga dalam kancah Nasional maupun Internasional.


"Prestasi ini sangat membanggakan, semoga menjadi motivasi untuk selalu berprestasi," katanya.


Pria asal Kediri ini menerangkan, event yang bertajuk 'Bersinergi dalam Nuansa Arabi Guna Merevolusi Peradaban Insani'. Diikuti ratusan peserta dari perguruan tinggi di Indonesia. Sementara El-Jidal tim dari BSA UIN Malang yang lain juga sedang melangsungkan perlombaan serupa di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.


Tim debat bahasa Arab UIN Malang berhasil meraih juara pertama. Ketiga mahasiswa Fakultas Humaniora ini adalah Husein Rifai, Ummi Hasanah, dan Betty Wulandari. Mereka menjadi wakil cabang ini berhasil mengungguli UNIDA Gontor dalam babak final.


Selanjutnya kategori lomba kaligrafi oleh Nazzah Almunazzah, mahasiswa semester 5 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab tersebut berhasil meraih juara tiga. Masih dalam perlombaan yang sama, Ikhwan Narotama Bela mahasiswa semester VII asal Banyuwangi memperoleh juara II kategori lomba Qiroatus Syi'ir.


Pendidikan Terbaru