• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pendidikan

Buku Hasil Karya Madrasah Al-Ma'arif Singosari Diserahkan ke UIN Malang

Buku Hasil Karya Madrasah Al-Ma'arif Singosari Diserahkan ke UIN Malang
Siswa MA Al-Ma'arif Singosari saat berbincang-bincang dengan Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof Hj Umi Sumbulah. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Siswa MA Al-Ma'arif Singosari saat berbincang-bincang dengan Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof Hj Umi Sumbulah. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kedatangan tamu dari Madrasah Aliyah (MA) Al-Ma’arif Singosari, Kabupaten Malang. Selain bersilaturahim, siswa MA menyerahkan hasil karya yang disambut dan diapresiasi oleh kampus.


Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof Hj Umi Sumbulah mengucapkan selamat atas prestasi dari MA Al Ma’arif Singosari terutama untuk para siswanya yang telah berkarya dengan tulisannya hingga menghasilkan berbagai terbitan buku.


“Karya buku ini sangat erat hubungannya dengan tradisi menulis. Perihal tradisi menulis sangat bagus dan penting dalam rangka meneladani apa yang telah dilakukan oleh para sahabat nabi,” katanya di ruang Wakil Rektor I lantai 1 Gedung Dr (HC) Ir H Soekarno.


Prof Umi menuturkan, pada zaman nabi dahulu orang dikenal dari pemikirannya yang akhirnya ditranformasikan baik secara lisan maupun tulisan. Tradisi menulis tersebut senantiasa dikembangkan untuk mengembangkan ilmu dan menyambung perjalanan sejarah dari waktu ke waktu.


"Terlebih di zamannya nabi juga ada tim penulis hadits, ditambah juga ada para sahabat nabi yang mengajarkan baca tulis kepada orang-orang saat itu," terangnya.


Dosen yang juga Guru Besar Bidang Keahlian Ilmu Studi Islam ini menambahkan, apa yang telah dilakukan oleh MA Al Ma’arif Singosari itu sangat baik. Saat ini karya tulis tidak hanya ada di terbitan atau cetakan, namun seiring modernnya zaman, sebuah karya bisa meninggalkan jejak digital.


"Karya tulisan bisa bermanfaat ke depannya, tentunya bagi para generasi penerus kita," tutupnya.


Perlu diketahui, rombongan yang terdiri dari delapan siswa kelas XII MIPA 1 langsung didampingi oleh seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Diki Darma Andriyan SPd. Beberapa buku karya dari siswa MA Al Ma’arif yang telah diserahkan secara simbolis untuk selanjutnya dimasukkan ke perpustakaan UIN Maliki Malang.


Beberapa karya tulis diantaranya adalah Antologi Pemikiran Pendidikan 'Guru Sae', Cerpen Awal Masuk Pesantren, Antologi Cerpen 'Camaraderie', dan masih banyak lagi judul buku lain karya para siswa.


Pendidikan Terbaru