• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pendidikan

UIN Malang Tetapkan Nama Afiliasi Institusi untuk Publikasi

UIN Malang Tetapkan Nama Afiliasi Institusi untuk Publikasi
Suasana saat rapat pengelola jurnal di ruang meeting LPM. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Suasana saat rapat pengelola jurnal di ruang meeting LPM. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menetapkan nama afiliasi resmi penulisan institusi, tidak lain guna untuk mengangkat kembali rating yang sudah terpublikasi di jurnal ilmiah.


Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Maliki Malang, Prof Dr Umi Sumbulah melacak beberapa artikel ilmiah dosen di berbagai jurnal ilmiah. Kampus menemukan bahwa ada ketidakkonsistenan dalam penulisan nama kampus.


"Dari situ kampus kurang menerima keuntungan dari terpublikasinya tulisan ilmiah. Padahal jurnal tersebut bereputasi nasional maupun internasional," katanya saat rapat pengelola jurnal di ruang meeting LPM Gedung Rektorat lantai 5, Selasa (24/05/2022).


Menurutnya, kurang lebih ada enam versi nama kampus yang mengusung ‘Ulul Albab’ tertulis dalam afiliasi penulis. Dari situ, UIN Maliki segera menerbitkan Surat Edaran terkait hal tersebut. Sehingga kampus akan mewajibkan para dosen untuk menerbitkan artikel ilmiah dan juga menuliskan nama kampus yang resmi sebagai afiliasi institusi.


"Dari situ, alhasil nilai UIN sebagai institusi pendidikan akan semakin meningkat," terangnya.


Sebagai informasi, total ada 30 pengelola jurnal di lingkungan kampus untuk membahas revitalisasi rumah jurnal serta peningkatan grade jurnal. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, beberapa pengurus Pusat Publikasi Ilmiah, serta LP2M UIN Malang.


Pendidikan Terbaru