• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pendidikan

UIN Malang Jaring Bibit Unggul melalui Jalur Beasiswa Teladan

UIN Malang Jaring Bibit Unggul melalui Jalur Beasiswa Teladan
Tim Psikolog Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang saat interview online kepada para peserta seleksi jalur beasiswa teladan. (Foto: NOJ/Dokumen UIN Malang)
Tim Psikolog Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang saat interview online kepada para peserta seleksi jalur beasiswa teladan. (Foto: NOJ/Dokumen UIN Malang)

Malang, NU Online Jatim
Mahasiswa Baru (Maba) merupakan aset bagi kampus jika memiliki bakat maupun prestasi di berbagai bidang. Hal ini yang dilakukan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang untuk menjaring bibit unggul melalui 'Beasiswa Teladan'. Pelaksanaan seleksi secara online pada tanggal 06-08 April 2022.

 

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AAKK) UIN Maliki Malang, Dr Barnoto mengatakan, seleksi jalur beasiswa teladan untuk mendapatkan mahasiswa yang unggul bisa mewujudkan cita-cita kampus unggul dan bereputasi internasional.

 

"Ini adalah salah satu usaha kita untuk mendapatkan bibit unggul yakni dengan jalur beasiswa teladan ini," katanya kepada NU Online Jatim, Jumat (08/04/2022).

 

Kabiro alumni S-3 Ilmu Keislaman UINSA ini mengungkapkan, proses Penerimaaan Mahasiswa Baru (PMB) saat ini memiliki banyak jalur. Baik jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, dan jalur Mandiri, kemudian UIN Maliki Malang mempunyai jalur beasiswa teladan.

 

Dirinya menjelaskan, data yang diperoleh bahwa pada seleksi jalur ini jumlah pendaftarnya adalah 337 orang. Ada lima bidang atau kategori, yakni qiroatul qutub 53 siswa, kesenian  11 siswa, olahraga 15 siswa dan tahfidzul Quran ratusan siswa.

 

"Tetapi yang paling mendominasi jumlah pendaftarnya adalah kategori tahfidzul Quran ada 258 orang," jelasnya.

 

Tidak hanya itu, mekanisme pelaksanaan seleksi jalur beasiswa teladan tersebut bahwa pada hari pertama tes Computer Based Test (CBT) yang diisi dengan materi refrensi (psikotes) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Lalu, hari kedua tes prestasi sesuai bidang kompetensi yang dimiliki oleh para pendaftar.

 

"Kemudian hari ketiga terakhir adalah interview yang langsung ditangani oleh para psikolog dari fakultas Psikologi UIN Maliki Malang," tandasnya.


Pendidikan Terbaru