• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

Perempuan Aktivis LPBINU Sampang Jadi Lulusan Terbaik di UIN Malang

Perempuan Aktivis LPBINU Sampang Jadi Lulusan Terbaik di UIN Malang
Siti Harizah, lulusan terbaik UIN Malang dari Sampang. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)
Siti Harizah, lulusan terbaik UIN Malang dari Sampang. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Siti Harizah (30), perempuan kelahiran Dusun Seban, Desa Karangpenang Oloh, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, berhasil menorehkan prestasi di Pascasarjana UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang (UIN Malang). Dari 800 wisudawan, ia dinobatkan sebagai lulusan terbaik atau cumlaude.


Harizah menempuh kuliah untuk meraih Magister Ekonomi Syariah di UIN Malang selama satu tahun delapan bulan. Tentu tidak mudah untuk mendapatkan prestasi itu. Banyak tantangan yang harus diperjuangkan oleh perempuan yang aktif sebagai pengurus PC LPBINU Sampang itu, mulai dari jarak, waktu dan biaya.


"Saya harus PP (pulang pergi) setiap minggu, itu pun tidak mengenal hujan dan panas, kekurangan biaya itu sudah biasa, tugas demi tugas silih berganti dengan waktu yang tidak banyak. Namun, itu semua tidak pernah menjadi penghalang," ungkap Harizah kepada wartawan, Ahad (03/04/2022) malam.


"Meski banyak tantangan, tentu saya tetap semangat untuk menuntut ilmu dan menyelesaikan S2 ini dengan tepat waktu, bahkan kurang 4 bulan dari target waktu yang ditentukan oleh kampus," imbuhnya.


Harizah mengaku pernah ingin berhenti pada semester II karena tantangan yang dirasa sangat luar biasa waktu itu. Namun, berkat suport keluarga dan modal optimis, semangat, serta spirit kuat, akhirnya semua itu bisa dilalui.


"Saya sangat bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Terima kasih kepada suami, anak, keluarga dan teman yang telah mensupport. Terima kasih pula kepada seluruh dosen UIN Maliki Malang, berkat bimbingan dan motivasi dari beliau saya bisa seperti saat ini," ucapnya.


Harizah berharap, ia masih bisa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menyelesaikan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Saat ini, ia tengah proses menyelesaikan program doktor (S3) di UIN Maliki Malang dengan jurusan yang sama.


Madura Terbaru