• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Malang Raya

Hadirkan Lintas Ormek, Dema UIN Malang Gelar Sarasehan Sumpah Pemuda

Hadirkan Lintas Ormek, Dema UIN Malang Gelar Sarasehan Sumpah Pemuda
Sarasehan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda oleh Dema UIN Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Sarasehan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda oleh Dema UIN Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim

Dewan Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar sarasehan bertajuk Memaknai Sumpah Pemuda: Peran Strategis Pemuda dalam Meningkatkan Semangat Juang Melalui Organisasi Ekstra di kampus tersebut pada Kamis (28/10). Mengundang pimpinan lintas organisasi mahasiswa ekstra kampus (ormek), sarasehan digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

 

Mukhammad Athok Illah selaku perwakilan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) UIN Malang mengatakan bahwa peran pemuda, khususnya mahasiswa, sebenarnya adalah saat kembali ke kampung halaman. "Sebab, masa kita di kampus itu singkat, di sini tempat untuk berproses dan tidak selamanya," katanya.

 

Ia menambahkan, sangat penting untuk mengkaji apa yang diperlukan dan apa yang meresahkan masyarakat, sehingga dapat mengambil langkah sebagai solusi. "Masyarakat butuh, kita ada dan kita ada bukan hanya untuk membesarkan diri sendiri saja," tambahnya.

 

Sementara itu, M Adhien Nugroho selaku perwakilan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Malang mengingatkan kembali tentang esensi peran dan pengabdian seorang pemuda. "Pemuda harus selesai dengan diri sendiri baru berperan sesuai bidangnya masing-masing," jelasnya.

 

Peran strategis pemuda, lanjut Adhien adalah berkomitmen membangun peradaban baru di tempatnya berasal.Ia menambahkan bahwa esensi dari peran adalah kemanfaatan yang dapat dirasakan orang lain dan tidak hanya berfokus memperkaya dan membesarkan nama diri.

 

Sementara itu, Nurotul Jannah, perwakilan dari  Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) UIN Malang memaparkan tiga tugas yang diemban pemuda, yaitu belajar, berjuang dan bertakwa. "Ketiganya harus beriringan, tidak hanya bertendensi pada salah satu saja, sehingga peran yang maksimal dapat terwujud," pungkasnya.

 

Untuk diketahui, peringatan hari sumpah pemuda ini juga menghadirkan perwakilan dari organisasi ekstra kampus lain. Di antaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).


Malang Raya Terbaru