• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Pendidikan

RSI Unisma Fasilitasi Khitan Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan di Ranting NU

RSI Unisma Fasilitasi Khitan Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan di Ranting NU
Pemeriksaan kesehatan untuk lansia oleh RSI dan Fakultas Kedokteran Unisma bersama PRNU Randuagung, Songosari, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Pemeriksaan kesehatan untuk lansia oleh RSI dan Fakultas Kedokteran Unisma bersama PRNU Randuagung, Songosari, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) dan Fakultas Kedokteran (FK) Unisma menggelar khitan sehat dan pemeriksaan kesehatan untuk lansia. Kegiatan yang berkolaborasi dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Randuagung ini bertempat di RA Muslimat 13, Gondang Suko, Randuagung, Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (24/10).

 

"Sebenarnya kerja sami kami dengan Ranting NU Randuagung ini sudah berjalan sejak tahun 2006. Alhamdulillah, kerja sama tersebut terus berlangsung hingga saat ini, meskipun di awal-awal pandemi sempat terhenti sebentar," kata Wakil Direktur (Wadir) 1 RSI Unisma, dr H R Muhammad Hardadi Airlangga, Senin (25/10) malam.

 

Hardadi mengatakan, bahwa pada tahun ini khitan sehat bersama Ranting NU Randuagung kembali diadakan.

 

"Kemarin kita adakan khitanan sehat serta pemeriksaan kesehatan untuk lansia setempat. Untuk menjaga agar tetap mematuhi protokol kesehatan maka kami hanya memfasilitasi 15 anak yang khitan serta 150 pasien untuk pemeriksaan kesehatan bagi lansia yang sangat membutuhkan. Tentu tempatnya kami atur bergantian, satu ruangan hanya dipakai saty orang saja," imbuhnya.

 

Ia mengatakan bahwa program khitan sehat ini dibantu oleh sekitar 30 orang. "Petugas dari RSI Unisma sebanyak 7 orang, dari FK Unisma 3 orang serta 1 apoteker, dan 20 petugas dari Medical Rescue Team (MRT). Alhamdulillah, kegiatan yang dimulai jam 7 pagi ini dapat kita akhiri pada jam 1 siang dengan lancar," tandas menantu KH Tholhah Hasan tersebut.

 

Hardadi juga menyatakan bahwa pihak RSI Unisma juga sudah melakukan beberapa catatan bagi lansia yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan.

 

"Pemeriksaan fisik ini targetnya yakni kita mendata mana warga yang memiliki BPJS dan warga yang tidak memiliki BPJS. Insyaallah, rencananya bagi warga yang sudah sangat udzur dan tidak memiliki BPJS akan kami carikan solusi melalui NU Care-LAZISNU dan donatur-donatur yang ada," tutupnya.

 

Sementara itu, secara terpisah Ketua PRNU Randuagung menyatakan bahwa pelayanan dari RSI Unisma sangat memuaskan dan layak diapresiasi.

 

"Pelayanannya sangat ramah dan baik. Semoga kerjasama dan silaturahmi ini dapat tetap terjalin dengan baik kedepannya," ungkap Gus M Badruzzaman, Selasa (26/10) pagi.


Pendidikan Terbaru