• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Pendidikan

Tingkatkan Soft Skill, Fakultas Saintek UIN Malang Dampingi MAN 1 Karanganyar

Tingkatkan Soft Skill, Fakultas Saintek UIN Malang Dampingi MAN 1 Karanganyar
Penandatanganan kerja sama. (Foto: NOJ/MJ)
Penandatanganan kerja sama. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) melalui Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) terus menebar manfaat dengan menjalin kerja sama dengan MAN 1 Karanganyar Jawa Tengah. Kerja sama tersebut berbentuk pendampingan siswa madrasah hingga soft skill tenaga pendidik.

 

Dekan Fakultas Saintek UIN Maliki Malang Sri Harini mengungkapkan, Fakultas Saintek mendapatkan amanah khususnya dalam pendampingan madrasah dan pesantren. Awalnya di Jawa Timur 2012 mulai dari pendampingan untuk pembinaan sains dan kompetisi madrasah, pembinaan soft skills guru-guru bidang sains dalam pembuatan media pembelajaran. Serta pembinaan untuk pengembangan kompetensi tenaga kependidikan khususnya pengelolaan laboratorium.

 

"Dalam perjalanannya ternyata apa yang kita lakukan ini mendapatkan apresiasi dari Kanwil Kemenag baik di Jawa Timur dan beberapa wilayah. Karena sekolah madrasah yang kita dampingi ini mulai menunjukkan giat prestasinya," kata Sri Harini saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (22/03/2022).

 

Menurut Sri Harini, dampak dari tersebut sebenarnya pada tahun 2019 MAN 1 Karanganyar sudah mengontak dirinya. Berhubung pandemi banyak yang harus diselesaikan secara internal. Baru awal tahun menghubungi kembali Fakultas Saintek supaya bisa mendampingi MAN 1 Karanganyar.

 

"Karena saya juga asli Karanganyar maka saya tergerak sekaligus gayung bersambut. Kalau saya ada waktu silaturahmi pulang ke rumah sekaligus mampir ke MAN 1 Karanganyar agar bermanfaat," imbuh Alumnus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini.

 

Dirinya mengaku pada hari Ahad kemarin kerja sama dieksekusi. Lalu pada hari Senin langsung disepakati kerja sama MAN 1 Karanganyar dengan Fakultas Saintek.

 

"Beberapa poin yang akan didampingi adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan pendampingan siswa untuk kompetisi lomba nasional maupun internasional,  persiapan untuk masuk perguruan tinggi negeri, dan peningkatan soft skill robotik," terangnya.

 

Ia menambahkan juga ada peningkatan kompetensi guru dalam publikasi ilmiah dan magang. Magang kali ini khusus kesempatan mahasiswa PKL UIN Maliki Malang dari Informatika atau Perpustakaan yang banyak berdomisili di Solo-Karanganyar.

 

"Mereka kalau PKL mengambilnya di MAN 1 Karanganyar supaya tidak ada coast tambahan," tandasnya.


Pendidikan Terbaru