• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Malang Raya

Megahnya Bakal Kampus III UIN Malang Senilai Triliunan

Megahnya Bakal Kampus III UIN Malang Senilai Triliunan
Lahan yang akan dibangun Kampus III UIN Malang di Kota Batu. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Lahan yang akan dibangun Kampus III UIN Malang di Kota Batu. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tengah melaksanakan pengerjaan Kampus III di Junrejo, Kota Batu. Proyek dengan anggaran triliunan rupiah itu akan menampilkan kampus megah dengan hiasan kaligrafi Arab bertulisan Ar-Rahim.


Zainal Habib, Manager Project Management Unit (PMU) UIN Malang, mengatakan, Kampus III akan berdiri di lahan seluas kurang lebih 54 ribu meter persegi. Berdasarkan rencana, Kampus III UIN Malang terdiri dari 12 gedung yang terdiri dari gedung Dormitory Ma’had, Fakultas Tehnik, Fakultas Kedokteran, Farmasi, Riset Data Center, dan Laboratorium Integratif.


"Kita hanya akan membangun lafadz paling belakang Ar-Rahim dan ada beberapa titik untuk ma'had dua kompleks putra dan putri. Setiap kompleks terdiri tiga gedung, total untuk bangunan ma'had ada 6," kata Zainal kepada NU Online Jatim, Sabtu (19/03/2022).


Sebagai tahap awal, lanjut dia, bangunan yang akan dikerjakan ialah di bagian Ar-Rahim. Untuk tahap pertama, pihaknya menargetkan pembangunan ini bisa selesai pada akhir 2024. Anggaran untuk proyek pembangunan ini mencapai kurang lebih USD63 juta.


"Jika dirupiahkan sekitar Rp930 miliar. Kalau kurs sekarang mungkin sudah Rp1 triliun. Kita pinjamnya saat di kurs Rp14.200," ujar Zainal.


Anggaran tersebut diperoleh dari pinjaman Pemerintah Indonesia ke Arah Saudi. Karena murni hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi melalui Saudi Fund for Development (SFD).


Pihaknya berharap, Kampus III nantinya tidak hanya bermanfaat bagi sivitas akademika UIN Malang. Tapi juga membawa berkah kepada masyarakat sekitar, terutama di sektor ekonomi. Sebab, dengan adanya gedung baru itu, ke depan jumlah mahasiswa UIN Malang akan terus bertambah diperkirakan 5.000-an orang.


Malang Raya Terbaru