• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Pendidikan

UIN Malang Kembangkan Model Pembelajaran Berbasis Riset

UIN Malang Kembangkan Model Pembelajaran Berbasis Riset
UIN Malang kembangkan model pembelajaran berbasis riset. (Foto: NOJ/tugumalang)
UIN Malang kembangkan model pembelajaran berbasis riset. (Foto: NOJ/tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus berupaya mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas manusia. Salah satunya melalui pembelajaran berbasis riset dengan integrasi ulul albab.


UIN Malang dapat melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi kognitif, namun juga memiliki nilai dasar ulul albab yaitu kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.


Pengembangan ini dilakukan oleh Dr Hj Nanik Wahyuni MSi bersama dengan tiga rekannya yaitu Kholilah MSA Ak CA, Kurniawati Meylianingrum Lc ME dan Tiara Juliana Jaya MSi dari Fakultas Ekonomi.


“Belajar meneliti akan membuat mahasiswa menggunakan semua sumber dayanya untuk memahami sesuatu, ini akan sangat berguna ketika mereka lulus kelas,” ujar Nanik.
Menurutnya, besarnya keingintahuan mahasiswa yang ditampung dalam model pembelajaran yang sesuai akan membuat mahasiswa terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan efektif dan efisien.


“Pengembangan model pembelajaran berbasis riset dilakukan dalam sembilan tahapan mulai dari pemetaan potensi masalah melalui penyebaran kuesioner, pengumpulan informasi dengan tabulasi hasil kuesioner, pengembangan model, validasi model sesuai masukan validator, revisi model, uji coba model skala kecil, revisi model, uji coba model lebih luas, dan revisi model akhir,” ungkap Kurniawati.


Banyaknya tahapan yang diperlukan menyebabkan banyak pihak yang juga terlibat dalam proses pengembangan ini yakni dosen pengampu mata kuliah, dosen ahli pendidikan dan bidang ilmu, serta mahasiswa baik pada kelas kontrol ataupun kelas eksperimen.


Model pembelajaran berbasis riset dilakukan pada dua kelas kecil dan satu kelas besar. Kelas kecil yang diambil adalah kelas akuntansi keuangan dan asuransi syariah. Kelas besar yang dipilih adalah kelas appraisal.


Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran, kelas yang tidak mendapatkan model pembelajaran diberikan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan penugasan sesuai referensi.


Hasilnya menunjukkan bahwa hampir di tiga kelas eksperimen nilai mahasiswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Tidak hanya itu, nilai-nilai ulul albab yang diukur dengan indikator yang dikembangkan oleh Mulyono juga diperoleh mahasiswa.


Pernyataan ini menunjukkan bahwa tidak hanya luaran pembelajaran berupa artikel mahasiswa yang dipublikasikan di jurnal nasional dan buku kumpulan penelitian. Pembelajaran berbasis riset juga mampu menghasilkan pencapaian kognitif yang lebih baik dengan internalisasi nilai ulul albab pada mahasiswa.


Pendidikan Terbaru