• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

Rektor UIN Malang Kunjungan ke Rumah Sakit terkait Review Master Plan

Rektor UIN Malang Kunjungan ke Rumah Sakit terkait Review Master Plan
Rektor UIN Malang Kunjungan ke Rumah Sakit. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Rektor UIN Malang Kunjungan ke Rumah Sakit. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melaksanakan rapat kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karsa Husada Batu sebagai salah satu persiapan menjelang pelaksanaan review master plan.


Kegiatan ini dipusatkan di aula RSUD setempat, Rabu (06/07/2022). Turut hadir, Rektor UIN Malang, Wakil Rektor II bidang AUPK, Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan, Kepala Biro AUPK, para pimpinan FKIK, Plt. Direktur RSUD Karsa Husada Batu beserta jajarannya dan pihak terkait lainnya.


Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin mengatakan, salah satu tujuan rapat kunjungan ini adalah untuk mempererat kolaborasi yang selama ini sudah terjalin kedua pihak utamanya di bidang pendidikan mahasiswa Fakultas Kedokteran UIN Malang.


"Kerja sama ini tentu diharapkan dapat turut memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan khususnya perkembangan kualitas mahasiswa kedokteran," katanya.


Menurutnya, perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran dengan target rencana membangun rumah sakit pendidikan perlu menggandeng rumah sakit tertentu.


"Inilah yang sedang diupayakan UIN Malang untuk menempatkan posisi sebagai mitra dari RSUD Karsa Husada Batu untuk bersama-sama mencapai tujuan," terangnya.


Profesor asal Bojonegoro itu menekankan akan adanya distingsi pendidikan yang dijalankan di FKIK UIN Malang, yakni saintis yang berkarakter Ulul Albab berharap para dokternya bisa menjadi dokter yang humanis.


"Saya ingin nantinya para dokter yang di Fakultas Kedokteran kami bisa menjadi dokter yang humanis,” ungkapnya.


Sementara itu, plt direktur RSUD Karsa Husada Batu, dr Beny Marcel menyatakan bahwa kerja sama dengan UIN Malang telah berlangsung sejak 2020. Mahasiswa kedokteran UIN Malang  menempuh pendidikan profesi dokter (koas) di RSUD setempat.


Pada kesempatan yang sama, hadir pula Prof Bisri selaku Konsultan Pengembangan Perguruan Tinggi UIN Malang, Prof Bisri yang menegaskan bahwa kerja sama yang diharapkan tidak hanya berupa kerja sama fisik tetapi meliputi pendidikan, pengabdian, Sumber Daya Manusia (SDM), infrastuktur.


"Pertukaran peran seperti dosen di FKIK UIN Malang ada di RSUD Karsa Husada begitu sebaliknya," pungkasnya.


Terkait dengan persiapan review masterplan RSUD Karsa Husada, UIN Malang siap mengerahkan selain tim dari FKIK di antaranya tim Fakultas Sains dan Teknologi, yakni prodi Arsitektur sesuai dengan standar RS kelas A pendidikan.


Pendidikan Terbaru