• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Pendidikan

Rektor UIN Malang Ingin Dema-Sema Berperan Aktif Kembangkan Kampus

Rektor UIN Malang Ingin Dema-Sema Berperan Aktif Kembangkan Kampus
Prosesi pelantikan pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema) periode 2022/2023 (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Prosesi pelantikan pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema) periode 2022/2023 (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang baru saja melantik pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema) periode 2022/2023. Setelah mengambil sumpah, Rektor UIN Malang, Prof H.M. Zainuddin meminta kepada kepengurusan yang baru untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan kampus.


"Saya minta para aktivis kampus yang sudah dilantik bisa berperan aktif mengembangkan kampus," katanya.


Menurutnya, kampus yang berlogo ulul albab ini tidak boleh memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di bawah 3.00. Seorang organisatoris juga semestinya memiliki tiga prinsip utama yaitu tetap memiliki kreatifitas konseptual, kreatifitas sosial, dan spiritual.


"Ini menjadi ciri mahasiswa UIN Maliki Malang," jelasnya.


Mantan Wakil Rektor I ini menambahkan, para aktivis kampus juga dituntut untuk berperan aktif menguatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal tersebut bisa tercapai sesuai dengan disiplin keilmuannya masing-masing.


"Jangan sampai diantara kalian ada yang terlibat gerakan radikal atau ekstrem serta inkonstitusional," tegasnya.


Dirinya mengaku, aktivis kampus juga harus bisa membimbing dan mengarahkan adik-adiknya untuk mengukir prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu dibutuhkan komunikasi yang efektif dengan jajaran pimpinan.


"Melalui komunikasi ini diharapkan bisa ditemukan solusi setiap masalah yang di hadapi, sehingga apa yang di cita-citakan kampus ini bisa tercapai. Saya ucapkan selamat, dan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya," tandasnya.


Pendidikan Terbaru