• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Pendidikan

FE UIN Malang Sosialisasi Program Muamalat Indonesia Kompeten

FE UIN Malang Sosialisasi Program Muamalat Indonesia Kompeten
Zoom Meeting FE UIN Malang dengan Muamalat Institute. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Zoom Meeting FE UIN Malang dengan Muamalat Institute. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bersinergi dengan Muamalat Institute melaksanakan sosialisasi program Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO) melalui Zoom Meeting yang diikuti para pimpinan fakultas baik  dekan dan Wakil Dekan, ketua dan sekretaris program studi serta dosen-dosen.


Dekan FE UIN Maliki Malang, Dr Misbahul Munir mengatakan, rasa antusias dengan tawaran kerja sama tersebut program MIKO semoga bisa diterapkan pada semester mendatang. Karena kampus butuh untuk meningkatkan skill mahasiswa, tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dan literasi dari akademisi saja.


"Akan tetapi juga mendapatkannya dari dunia kerja dan industri dari para praktisi terutama perbankan syariah," katanya.


Menurutnya, kampus yang merupakan institusi pendidikan dan perguruan tinggi harus bersinergi dengan dunia industri. FE UIN Malang mempunyai peran dalam pengembangan ekonomi syariah bisa dialihkan dengan praktik langsung.


"Sekitar 20 SKS yang memungkinkan bisa dikonversi dari program magang yang ditawarkan selama enam bulan dan tidak harus dalam 1 semester," terangnya.


Di jelaskannya, sosialisasi Miko langsung diberikan oleh Head of People Development dan Culture at PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang juga Direktur Eksekutif Muamalat Institute, Anton Hendrianto dan Client Relationship Manager Muamalat Institute, Muhammad Ilsyar Ridwan.


“Dengan adanya program MIKO ini sebagai upaya  mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah, termasuk program prioritas universitas. Alhasil ada kesinambungan antara yang di dapatkan di kampus dengan yang dibutuhkan oleh dunia kerja,” tandasnya.


Ia melanjutkan,  dengan Muamalat Institute memiliki konsen yang sama dalam penguatan dan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang sedang dalam proses pengembangan. Gerakan literasi pengembangan ekonomi syariah bisa dilakukan lebih masif di Indonesia yang merupakan penduduk muslim terbesar di dunia.


Pendidikan Terbaru