• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pendidikan

Pascasarjana UIN Malang Jadi Tuan Rumah Forum PTKIN se-Indonesia

Pascasarjana UIN Malang Jadi Tuan Rumah Forum PTKIN se-Indonesia
Suasana Forum Wakil Direktur Pascasarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Suasana Forum Wakil Direktur Pascasarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang sebagai tuan rumah Forum Wakil Direktur Pascasarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dalam rangka pengembangan pelayanan dan kerjasama antar lembaga kampus di Kota Batu, Jum’at-Ahad (20-22/05/2022).


Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Wahidmurni mengatakan, forum kali ini sangat penting. Ketika ada proses akreditasi yang di tanyakan oleh assessor perihal kurikulum, forum asosiasi ini bisa mengakomodir kebutuhan dan permasalahan di lingkungan program Pascasarjana baik Magister maupun Doktor.


"Forum ini harus selalu ada, supaya semua kebutuhan dan permasalahan tidak dipikirkan secara sendiri-sendiri, apapun masalah yang berkaitan dengan pengembangan dan pelayanan harus di diskusikan serta dicarikan solusinya," ujarnya.


Lain halnya Ketua Forum Wakil Direktur Pascasarjana PTKIN se-Indonesia, Drs Basri Zain mengungkapkan, forum ini telah lama menjadi wacana dan masih belum terealisasi. Dirinya bersyukur atas terselenggaranya forum yang diberi nama ASWADIR sesuai dengan kesepakatan bersama.


"Alhamdulillah bisa terealisasi tepatnya berlokasi di Rumah Singgah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," ungkapnya.


Dirinya menerangkan, rencana strategis ke depan yang dibahas dalam forum tersebut seperti Didi Nurul Rosidin dari IAIN Cirebon dan Dr Andi Anderus menegaskan pentingnya program kerja sama dengan bebeberapa  perguruan tinggi di Barat dan Timur Tengah.


"Selain lebih efektif dan efisien, S3 By Research merupakan alternatif untuk meningkatan peminat untuk studi di S3. Delegasi dari wakil direktur juga banyak menyinggung isu-isu akademik di institusi masing-masing, seperti tahapan struktur kurikulum, penyelesaian studi, problem RENIM, dan lain sebagainya," pungkas Wakil Direktur UIN Banten ini.


Sebagai informasi, beberapa pewakilan kampus yang dibawah naungan PTKIN Kementerian Agama Republik Indonesia, diantaranya dari UIN Banten, Imam Bonjol Padang, UIN Alaudin Makassar, IAIN Batusangkar, IAIN Ponorogo, UIN Sultan Syarif kasim Riau, IAIN Sultan Amai Gorontalo, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan beberapa kampus lainnya.


Pendidikan Terbaru