• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Malang Raya

Rektor UIN Malang Harap Lulusan Madrasah Berprestasi Lanjut PTKIN

Rektor UIN Malang Harap Lulusan Madrasah Berprestasi Lanjut PTKIN
HM Zainuddin, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: NOJ/ Syarofi)
HM Zainuddin, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: NOJ/ Syarofi)

Malang, NU Online Jatim
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, HM Zainuddin berharap kepada semua siswa lulusan Madrasah Aliyah berprestasi agar bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).


Penegasan itu sampaikan saat sambutan dalam kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Jawa Timur dengan PTKIN Jatim. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang pertemuan Rektorat lantai 1, Gedung Soekarno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (23/06/2022).


"Kami berharap alumni Madrasah Aliyah yang sudah memiliki basic dan kompetensi pengetahuan, utamanya kemampuan Bahasa Arab dan akademik lainnya bisa melanjutkan di PTKIN," tuturnya,


Ia mengatakan, masuknya siswa lulusan madrasah ke PTKIN masih sangat relevan dan linier, karena sama-sama berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Untuk itu, pihaknya sangat mendukung upaya Kanwil Kemenag Jatim menggandeng PTKIN untuk program beasiswa bagi lulusan madrasah berprestasi.


"Kami sangat mendung MoU yang dilakukan oleh Kanwil Jatim kali ini. Ketika MoU ini nanti berhasil direalisasikan, tentu akan membawa PTKIN Jatim lebih maju," terang rektor asal Bojonegoro itu.


Dirinya pun mengaku akan melakukan evaluasi terkait sistem penerimaan mahasiswa baru di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang agar bisa menerima dan memberikan beasiswa kepada lulusan madrasah yang berprestasi.


Sementara Kepala Bidang Agama Kanwil Kemenag Jatim, Susanto menyampaikan, bahwa kegiatan MoU dengan PTKIN Jatim itu untuk memberikan peluang beasiswa kepada alumni madrasah yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di PTKIN yang telah melakuakn kerja sama.


"Untuk mekanisme terkait MoU ini masih belum dibahas lebih jauh. Kami harap tahun ini insyaallah bisa direalisasikan," terangnya.


Diketahui, PTKIN di Jawa Timur yang melakukan kerja sama dengan Kanwil Kemenag Jatim terkait program beasiswa tersebut ada ada tujuh kampus. Di antaranya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, IAIN Kediri, dan IAIN Madura.


Malang Raya Terbaru