• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Malang Raya

Dokter Muda Lulusan UIN Malang Jadi Ketua Baru NUMSA

Dokter Muda Lulusan UIN Malang Jadi Ketua Baru NUMSA
Ketua Umum NUMSA periode 2022/2023, Ahmad An'im Fatahna. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Ketua Umum NUMSA periode 2022/2023, Ahmad An'im Fatahna. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama Medical Student Association (NUMSA) baru saja memilih ketua umum baru pada forum Silaturahmi Nasional (Silatnas) 4-5 Juni 2022 lalu. 

 

Sebagai organisasi yang baru dibentuk pada saat Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2020, NUMSA hadir sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi kader muda dari Perhimpuman Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU).

 

Ahmad An'im Fatahna, dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang diamanahi sebagai ketua umum NUMSA periode 2022/2023.

 

An'im, sapaan akrabnya menegaskan pentingnya eksistensi organisasi NU yang mewadahi para kader kesehatan, khususnya mahasiswa kedokteran.

 

"Semua sepakat bahwa peran NUMSA sangat penting baik bagi NU sendiri maupun untuk peningkatan kesehatan masyarakat secara umum," tegas dokter muda yang saat ini sedang menjalani pendidikan profesi dokter di RS Karsa Husada Batu tersebut kepada NU Online Jatim, Kamis (09/06/2022).

 

Menurut An'im, jumlah mahasiswa kedokteran Nahdliyyin tidak sedikit sehingga diperlukan sebuah wadah yang dapat menjadi rumah untuk mengembangkan diri sekaligus berkhidmat kepada umat.

 

An'im melanjutkan bahwa sebagai organisasi yang baru seumur jagung, banyak tugas yang harus ditunaikan dalam masa kepengurusannya, sejumlah rencana dan program telah dicanangkan.

 

"Barangkali NUMSA bisa diibaratkan sebagai manusia yang baru lahir, kemudian belajar berjalan, berlari dan seterusnya. Jadi PR paling utama adalah membangun kekuatan persaudaraan baik pengurus, anggota bahkan seluruh mahasiswa kedokteran Nahdliyyin se-Indonesia," terang alumnus Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang tersebut.

 

Di antara program yang akan diwujudkan adalah 'pesantren development' yakni bagaimana membentuk jiwa kehidupan pesantren yang lebih sehat, memperhatikan mental health, dan mendampingi masa quarter life crisis santri.

 

"Tentu hal itu akan terwujud dengan bersinergi membangun relasi dengan lembaga kesehatan maupun pemerintahan," lanjutnya.

 

Sementara itu, ketua umum pertama NUMSA, Qoimam Bilqisthi menyatakan bahwa terpilihnya ketua umum yang baru secara demokratis ini diharapkan mampu membuka pintu-pintu baru di kampus yang belum terjangkau sebelumnya.

 

"NUMSA lebih dari sekadar organisasi, melainkan tempat mahasiswa kedokteran Nahdliyyin dapat berkhidmat untuk NU dan umat, sehingga semua harus dirangkul," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru