• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Pendidikan

Fakultas Humaniora UIN Malang Hadirkan Pemateri dari Belgia

Fakultas Humaniora UIN Malang Hadirkan Pemateri dari Belgia
Zoom meeting mahasiswa UIN Malang dengan pemateri Prof Helge Daniels dari Belgia. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Zoom meeting mahasiswa UIN Malang dengan pemateri Prof Helge Daniels dari Belgia. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar International Scholar's Engagement bertajuk 'The Imaginative Power of Book Covers: Translation, Gender, and The Postcolonial Gaze' melalui zoom meeting. Kegiatan ini menghadirkan Prof Helge Daniels dari Belgia untuk berdiskusi menambah wawasan para mahasiswa, Kamis (02/06/2022).


Dekan Fakultas Humaniora Unisma, Dr M Faisol Fatawi mengatakan, kegiatan Internasional ini dapat menambah wawasan mahasiswa, terkait isu-isu terkini seputar kajian Bahasa dan Sastra Arab. Terlebih bagi mahasiswa bahasa dan sastra Fakultas Humaniora yang mendalami keilmuan tersebut.


"Kami harapkan dapat menumbuhkan motivasi dan semangat mahasiswa karena kajian Bahasa dan Sastra Arab sesuai dengan keilmuan mereka. Saya sampaikan terima kasih telah berbagi membawa manfaat bagi semuanya," katanya.


Menurutn pria yang juga Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Jawa Timur ini menerangkan, kegiatan International Scholar's Engagement sejalan dengan visi misi kampus. Salah satunya meneguhkan Fakultas Humaniora sebagai fakultas yang berkelas internasional.


Sementara, Prof Helge menyampaikan materi tentang terjemahan gender hingga pandangan postkolonial. Selama di Belgia, dirinya fasih menggunakan Bahasa Arab. Hal tersebut karena dalam kesehariannya lebih senang berbicara menggunakan bahasa tersebut.


Perlu diketahui, Helge Daniels merupakan Kepala Studi Bahasa Arab di U.K. Leuven. Selain itu juga aktif di Universitas Antwerpen, Belgia. Dirinya merupakan pakar filologi, sejarah dan arkeologi budaya dari timur kuno. Sedari dulu menekuni kajian teks-teks kuno seperti Koptik, Demotik, Sumeria, Akkadia, Aram, Mesir, Ibrani, serta Ugaritic.


Pendidikan Terbaru