• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Pendidikan

Lembaga Pemeriksa Halal UIN Malang Ditinjau terkait Visitasi Akreditasi

Lembaga Pemeriksa Halal UIN Malang Ditinjau terkait Visitasi Akreditasi
Tim asesmen Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Tim asesmen Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) meninjau langsung Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terkait visitasi akreditasi.


Proses asesmen akreditasi berlangsung selama tiga hari pada Rabu-Jum’at (01-03/06/2022) di kantor pusat LPH dan Halal Center, Gedung RKB.


Rektor UIN Maliki Malang, Prof M. Zainuddin menjelaskan unit LPH merupakan lembaga yang sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2018 silam.


"Insya Allah UIN Malang memiliki komponen unit Halal Center yang paling lengkap dibandingkan PTKIN lainnya. Selain ditunjang oleh keilmuan dari fakultas, juga didukung adanya unit tertentu tentang fatwa-fatwa dalam syariat Islam," ujarnya.


Dijelaskannya, kampus UIN Malang ada tujuh fakultas dan program studinya terkait dengan LPH, diantaranya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yakni prodi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), yakni prodi Kimia dan Biologi serta Fakultas Syariah.


"Lembaga yang diketuai oleh Begum Fauziyah, M Farm telah siap diakreditasi dan sangat diharapkan memperoleh nilai yang maksimal dan hasil yang terbaik," terangnya.


Sementara dalam proses visitasi akreditasi kali ini dilakukan oleh tim asesmen BPJPH Kemenag RI terdiri dari enam orang. Beberapa diantaranya Prof Fredy Kurniawan, KH Aizzuddin Abdurrahman, Dr H Ali Imron, Neni Widyana SSi Apt,  Djamaluddin M PdI yang juga Koordinator Bidang Standarisasi produk halal BPJPH serta Nala Tartila SH.


Kedatangan tim assesment disambut ramah oleh rektor beserta jajarannya, kabiro, dekan, para ketua unit terkait lainnya serta tim LPH UIN Maliki Malang.


Pendidikan Terbaru