• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Pendidikan

UIN Malang Tuan Rumah MoU PTKIN Jatim dengan Kanwil Kemenag

UIN Malang Tuan Rumah MoU PTKIN Jatim dengan Kanwil Kemenag
Tujuh Rektor PTKIN Jawa Timur melakukan MoU dengan Kanwil Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)
Tujuh Rektor PTKIN Jawa Timur melakukan MoU dengan Kanwil Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak tujuh Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Jawa Timur melangsungkan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (13/06/2022).


Kepala Bidang Agama Kemenag Jatim, Santoso menjelaskan bahwa kerja sama ini akan mewadahi siswa di 91 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di bawah naungan Kemenag Jatim agar dapat melanjutkan pendidikan di PTKIN melalui jalur beasiswa prestasi.


"Siswa alumni MA yang memiliki potensi dan prestasi bagus jangan sampai lepas pisah dari atmosfer Kemenag. Karena mereka berhak mendapatkan ruang untuk melanjutkan studi di PTKIN," kata Santoso mengawali sambutannya.


Sebanyak tujuh perwakilan PTKIN Jawa Timur yang terdiri dari Rektor atau Wakil Rektor menandatangani MoU bidang pendidikan ini di antaranya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, IAIN Kediri, dan IAIN Madura.


"Kerja sama ini merupakan bentuk upaya memberikan yang terbaik untuk generasi kita," terangnya.


Sementara Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Zainuddin selaku tuan rumah, menyambut baik kerja sama ini agar PTKIN senantiasa mengevaluasi input mahasiswa di kampus.


"Input kita harus diusahakan banyak dari lulusan yang memiliki basis agama dan kompeten Bahasa Arab," kata Prof Zainuddin.


Di akhir penandatanganan MoU, pihak UIN Malang juga memberikan kenangan berupa cinderamata kepada tujuh rektor dan perwakilan PTKIN yang hadir.


"Terima kasih kepada Kanwil Kemenag Jatim yang telah menginisiasi kerja sama ini. Semoga menjadi langkah awal meningkatkan kualitas pendidikan," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru