• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Pendidikan

Pimpinan UIN Malang Hadiri Konferensi Internasional PCINU Belanda

Pimpinan UIN Malang Hadiri Konferensi Internasional PCINU Belanda
Delegasi UIN Malang tiba di Belanda untuk mengikuti konferensi internasional PCINU Belanda. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Delegasi UIN Malang tiba di Belanda untuk mengikuti konferensi internasional PCINU Belanda. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Delegasi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang tiba di negar kincir angin dalam rangka menghadiri konferensi internasional Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda yang akan digelar pada Rabu-Kamis (08-09/06/2022).


Wakil rektor bidang kerja sama dan pengembangan lembaga UIN Malang, Dr. Isroqunnajah mengatakan, konferensi ini dihadiri juga oleh delegasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) lain di antaranya yang sudah hadir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya.


"Konferensi ini nanti akan membahas juga tentang kerja sama untuk pengembangan PTKI di Indonesia yang bereputasi internasional," katanya saat tiba di Bandara Schiphol Amsterdam, Selasa (07/06/2022).


Menurutnya, dalam upaya meningkatkan relasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belanda, delegasi UIN Malang juga menginisiasi kerja sama dengan sekolah KBRI untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UIN Malang program kelas internasional.


"Ada dua fakultas tetap yang di target, yaitu tarbiyah dan humaniora. Selain itu dari fakultas lain dapat mengikuti melalui jalur program merdeka belajar," lanjutnya.


Dirinya menjelaskan, program tersebut disambut baik dan akan difasilitasi kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Belanda yang tercatat sebagai 200 terbaik di dunia.


"Tentu ini program yang bagus untuk peningkatan kualitas pendidikan utamanya bagi PTKI di Indonesia," tandasnya.


Dirinya hadir bersama delegasi UIN Malang lain di antaranya Dr. Sri Harini, dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Prof. Tutik Hamidah, guru besar UIN Malang, dan H. Basri Zain, Ph.D, wakil direktur Pascasarjana UIN Malang.


"Akan ada satu rombongan lagi menyusul di antaranya Rektor Prof. Zainuddin dan sekretaris program magister Pendidikan Agama Islam (PAI)," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru