• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Tim KSM Unisma Buka Wisata Petik Buah sebagai Alternatif di Masa Pandemi

Tim KSM Unisma Buka Wisata Petik Buah sebagai Alternatif di Masa Pandemi
Lokasi wisata petik buah. (Foto: NOJ/humas)
Lokasi wisata petik buah. (Foto: NOJ/humas)

Jombang, NU Online Jatim

Tim Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) 45 Universitas Islam Malang menjadikan kebun buah jambu kristal menjadi tempat wisata. Hal tersebut dilakukan untuk pertumbuhan atau membantu ekonomi masyarakatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Agenda yang berlangsung pada Ahad (08/08/2021) itu dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Tri Sugiarti Ramadhan.

 

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa membantu para petani untuk memperkenalkan wisata yang aman untuk dikunjung selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

Yunus, Pengelola Wisata Petik Buah mengatakan bahwa sebagai upaya mengembangkan agrowisata di masa pandemi dirinya meniadakan tiket masuk. Wisata petik buah ini menjadi alternatif tujuan berwisata, dimana pengunjung bisa memetik beragam buah dan membawa pulang sebagai oleh-oleh berwisata.

 

“Pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki wisata petik buah, cukup melaporkan ke petugas penimbangan untuk membayar buah yang sudah dipetik. Pengunjung boleh makan jambu sepuasnya di kebun, dan memetik jambu sesuai keinginannya. Pengelola juga sudah menyiapkan gunting untuk memetik jambu, berikut kresek plastik untuk wadah jambu yang sudah dipetik dan akan dibawa pulang,”

 

Oktavia Friska Diah Palupi, salah satu peserta KSM 45 mengungkapkan bahwa dirinya dan tim membantu mempromosikan wisata petik buah melalui online.

 

“Kami membantu memasarkan dan memperkenalkan wisata petik buah di media sosial. Ini merupakan usaha kami untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar di masa pandemi,” ungkapnya.

 

Wisata yang terletak di tengah sawah membuat area terasa lebih nyaman. Akses yang mudah dijangkau dan terletak dibelakang Kecamatan Bandarkedungmulyo membuat wisata ini semakin dikenal.

 

Ada beberapa buah yang bisa dipetik oleh pengunjung, seperti buah belimbing, jambu air dan mangga kijeu. Namun untuk saat ini buah yang siap dipetik hanya jambu kristal karena perbedaan musim membuat hasil buah tidak berbuah secara bersamaan.

 

Jambu Kristal sejatinya merupakan sejenis jambu biji yang sering disebut jambu klutuk oleh oang Jawa. jambu kristal juga merupakan keluarga jambu merah, yang sering disebut guava. Bedanya, jambu kristal warna daging buahnya putih, kurang cocok untuk disajikan dalam bentuk jus dan smoothies seperti guava karena teksturnya yang agak keras. Entah kenapa dinamakan jambu kristal, bisa jadi karena teksturnya yang keras mirip kristal tapi tetap nikmat dimakan. Selain jambu kristal, ada sedikit pohon belimbing yang berada di area ini. Namun karena belum berbuah, sehingga masih belum bisa dilakukan pemetikan oleh pengunjung.


Pendidikan Terbaru