• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Bantu Warga Malang Produksi Tas Anting

Mahasiswa Unisma Bantu Warga Malang Produksi Tas Anting
Tas Anting produksi pengrajin asal Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Humas).
Tas Anting produksi pengrajin asal Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Humas).

Malang, NU Online Jatim

Sejumlah kegiatan dilakukan oleh peserta Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai bentuk khidmahnya kepada warga. Sebagian membantu membersihkan wisata daerah setempat, sebagian lainnya membantu memasarkan produk olahan warga sekitar.

 

Hal yang sama juga dilakukan oleh KSM-Tematik kelompok 37 di Dusun Balerejo, Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Mereka turut membantu warga sekitar dalam pembuatan Tas Anting.

 

Nurul Muttamimah selaku koordinator mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam pembuatan Tas Anting, serta membantu pengrajin untuk meningkatkan kuantitas penjualannya.

 

“Kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan menyenangkan, untuk menambah bekal pengetahuan di hari esok,” ujarnya.

 

Nurul menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi mahasiswa KSM-Tematik Unisma kepada warga Desa Srimulyo dalam meningkatkan produknya penjualan Tas Anting.

 

“Selain itu, juga membantu memasarkan produk mereka agar dikenal masyarakat luas,” tambah Nurul.

 

Sementara itu pengrajin Tas Anting di Desa Srimulyo, Ibu Pipit mengatakan, bahwa dirinya sangat bersyukur atas kedatangan mahasiswa Unisma yang menawarkan diri membantunya dalam memproduksi usaha yang dirintisnya.

 

“Alhamdulillah, dengan kedatangan mahasiswa Unisma ini sangat membantu saya dalam memproduksi Tas Anting. Jumlah produk yang dihasilkan setiap harinya jadi meningkat,” tuturnya.

 

Dirinya menambahkan, mahasiswa Unisma dalam hal ini tidak hanya membantu memproduksi saja, akan tetapi juga membantu  memasarkan ke masyarakat luas. Mengingat, di daerahnya memang sedikit mengalami kendala.

 

“Tidak hanya itu, mereka juga memotivasi saya untuk terus semangat memproduksi Tas Anting, serta memberikan kiat-kiat khusus dalam pelayanan agar banyak menarik pembeli,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru