• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Matraman

Gus Wafi Apresiasi Terbitnya Buku Pemikiran Kiai Wahab

Gus Wafi Apresiasi Terbitnya Buku Pemikiran Kiai Wahab
KH Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi menunjukkan buku pemikiran Kiai Wahab. (Foto: NOJ/ISt)
KH Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi menunjukkan buku pemikiran Kiai Wahab. (Foto: NOJ/ISt)

Jombang, NU Online Jatim
Buku baru seputar pemikiran KH Abdul Wahab Chasbullah (Kiai Wahab) kembali diluncurkan. Kali ini hasil dari disertasi Miftakhul Arif di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Buku dimaksud berjudul Fikih Kebangsaan KH A Wahab Chasbullah; dari Nalar Fikih menuju Kemerdekaan dan Persatuan Indonesia.

 

“Alhamdulillah, saya ikut bangga atas terbitnya buku fikih kebangsaan KH Abdul Wahab Chasbullah,” kata KH Wafiyul Ahdi, Senin (16/08/2021).

 

Ketua Majelis Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang tersebut mengemukakan bahwa buku hadir di waktu yang pas. Karena dalam suasana peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Ya, suasana sangat tepat karena saat ini bulan Agustus saat kita sedang memperingati ulang tahun kemerdekaan ke 76,” kata Gus Wafi, sapaannya.


Kandidat doktor di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut berharap kehadiran buku mampu memberikan perspektif baru bagi wawasan kebangsaan anak negeri.

 

“Harapannya ini bisa menambah wawasan kita akan nasionalisme Kiai Wahab yang dilandaskan pada sudut pandang pemahaman fiqih dan ushul fiqih beliau,” jelasnya. 

 

Yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana semangat yang telah ditunjukkan sekaligus didedikasikan Kiai Wahab mampu menginspirasi kalangan muda saat ini.

 

“Berikutnya agar memberi semangat kepada generasi muda untuk semakin mencintai negerinya karena nasionalisme kita itu juga berlandaskan ajaran agama dan syariat Islam,” tegasnya. 

 

Miftahul Arif saat ini tercatat sebagai wakil kepala madrasah bagian kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas, Jombang.


Editor:

Matraman Terbaru