• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

Tingkatkan Efisiensi Mahasiswa, FKIP Unisma Miliki Laboratorium Virtual

Tingkatkan Efisiensi Mahasiswa, FKIP Unisma Miliki Laboratorium Virtual
Tangkapan layar laboratorium virtual. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Tangkapan layar laboratorium virtual. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Laboratorium virtual masih belum banyak dikembangkan di kampus-kampus negeri maupun swasta. Universitas Islam Malang (Unisma) menginisiasi adanya laboratorium virtual untuk meningkatkan efisiensi dan kebutuhan mahasiswa.


Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisma, Ganjar Setyo Widodo mengungkapkan, laboratorium virtual mengacu pada lingkungan belajar dan mengajar virtual yang ditujukan untuk mengembangkan keterampilan laboratorium. Sebagai salah satu media e-Learning yang paling penting, mereka memungkinkan untuk melakukan berbagai eksperimen.


"Mahasiswa bisa tanpa kendala tempat atau waktu, berbeda dengan kendala laboratorium nyata," ujarnya.


Menurutnya, laboratorium virtual menggabungkan berbagai teknik pedagogis (ilmu pendidikan anak) yang membantu pelajar untuk lebih memahami informasi teoretis. Teknik-teknik ini meliputi pembelajaran visual, berbasis ingatan, aktif, dan gamifikasi hingga mendongeng.


"Laboratorium tersebut menawarkan siswa akses ke pengalaman realistis yang memungkinkan mereka melakukan eksperimen. Kemudian melatih keterampilan mereka dalam lingkungan belajar yang bebas risiko dan interaktif," ungkapnya.


Di jelaskannya, kategori laboratorium virtual adalah yang tidak homogen, serta sebagian besar berbeda dalam tujuan, komposisi, dan aplikasinya. Secara umum, laboratorium virtual platform yang mensimulasikan laboratorium fisik di layar.


"Dengan pengalaman online menawarkan siswa fasilitas yang sama seperti di laboratorium fisik, dengan satu-satunya perbedaan interaksi terbatas pada lingkungan 2D Simulasi," jelasnya.


Dirinya mengaku, dengan simulasi menawarkan siswa berkesempatan untuk mengeksplorasi realitas yang berbeda dari lokasi yang jauh ruang atau virtual room. Sebab, Kelas virtual room atau realitas virtual menawarkan pengalaman yang lebih mendalam daripada simulator.


Pendidikan Terbaru