• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pendidikan

UKM Cinta Tanah Air Unisma Bantu Pemasaran di Era Digital Kampung KB

UKM Cinta Tanah Air Unisma Bantu Pemasaran di Era Digital Kampung KB
Pembinaan pemasaran di Kampung KB Dinoyo, Malang. (Foto: NOJ/humas)
Pembinaan pemasaran di Kampung KB Dinoyo, Malang. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Divisi Kependudukan UKM Cinta Tanah Air (CTA) Universitas Islam Malang (Unisma) ikut serta dalam pelaksanaan pembinaan pemasaran di era digital yang diselenggarakan oleh Kampung KB Kelurahan Dinoyo, Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 25 peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing RW, Kamis (16/09/2021).

 

Sri Utami, Penyuluh Kampung KB Kelurahan Dinoyo mengatakan bahwa Kampung KB melakukan pemberdayaan masyarakat dengan basis ekonomi.

 

"Kampung KB mengadakan kegiatan pembinaan ini guna melakukan pemberdayaan masyarakat yang berbasis ekonomi dengan target yaitu ingin membuat pasar online yang akan dikelola di tingkat Kelurahan Dinoyo," katanya.

 

Wijanto, Ketua Kampung KB Kelurahan Dinoyo berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan masyarakat dengan inovasi baru yaitu digitalisasi market yang berbasis IT.

 

“Sehingga masyarakat mampu mengelola usaha masing-masing dengan pemasaran berbasis IT,” harapnya.

 

Kegiatan pembinaan ini dihadiri oleh 2 narasumber yaitu Ida Nuraini dan R Zakaria. Ida Nuraini memaparkan materi tentang digital market melalui Whatsapp bisnis, instagram bisnis bahkan e-commerce lainnya seperti shopee, tokopedia, bukalapak yang mendapatkan keuntungan lumayan besar.

 

“Diharapkan dengan digital marketing ini bisa dikelola dengan baik oleh beberapa warga di wilayah Kelurahan Dinoyo serta dapat membuat pasar online tersendiri yang terdiri dari beberapa usaha warga yang dikoordinir bersamaan. Di sinilah kehadiran mahasiswa UKM CTA Unisma sangat membantu dalam marketing pasar online,” terangnya.

 

Pemateri kedua yaitu R Zakaria menjelaskan materi tentang pemulihan ekonomi masyrakat melalui koperasi gotong royong.

 

“Kami berharap warga mampu membentuk koperasi bersama yang akan dikoordinir beberapa warga, bisa dari karang taruna atau ibu-ibu PKK. Bahkan kehadiran mahasiswa UKM CTA Unisma juga diajak untuk ikut serta menyukseskan program Kampung KB ini,” jelasnya.

Dari kegiatan pembinaan ini Ketua UKM CTA Unisma, Tedo Dina Wahyu berharap mahasiswa dapat berkontribusi dengan terjun ke masyarakat.

 

“Dari kegiatan ini kami mampu bersinergi bersama BKKBN dalam pembinaan Kampung KB wilayah Kelurahan Dinoyo dengan pembentukan pasar online maupun membentuk koperasi bersama dari lingkup yang terdekat hingga kami mampu melakukan pembinaan di beberapa wilayah di Kota Malang,” ungkapnya.


Pendidikan Terbaru