• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Pendidikan

Usaha Bisnis Raja Cimol, Mahasiswa FEBTD Unusa Raih Juara Tiga

Usaha Bisnis Raja Cimol, Mahasiswa FEBTD Unusa Raih Juara Tiga
Usaha bisnis cimol, Mahasiswa FEBTD Unusa raih juara tiga. (Foto: NOJ/Humas)
Usaha bisnis cimol, Mahasiswa FEBTD Unusa raih juara tiga. (Foto: NOJ/Humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Sebanyak tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital (FEBTD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil meraih juara 3 Nasional Business Plan Competition yang digelar oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa).


Mahasiswa Unusa tersebut diantaranya Agung Firmansyah, Oki Safitri dan Dhea Arifatur Rofiah membuat bisnis plan dengan bisnis raja cimol jeletot mesem, yang merupakan cimol dengan saos pedas khas Bandung.


Salah satu mahasiswa Unusa, Agung Firmansyah mengatakan, bisnis ini pertama terbentuk dari ketiga temannya yang suka nyemil saat berkumpul. Pertama kali juga ada mata kuliah tentang kewirausahaan.


"Dari mata kuliah kewirausahaan itu kami terus membenahi usaha tersebut, awalnya bola nasi ternyata kurang bagus. Jadi kami mencoba dengan cimol itu dengan isian sosis dan bakso," ujarnya.


Dengan masukan yang dibuat itu, ia dan temannya mulai mengikuti kompetisi perencanaan bisnis yang digelar oleh Unesa. "Dari puluhan mahasiswa yang ikut dalam kompetisi itu kami lolos dalam 10 besar, dan meraih juara 3," ungkapnya.


Perencanaan bisnis yang dibuat, cimol dengan isian sosis dan bakso yang disiram dengan saos pedas jeletot khas Jawa Barat. Ia dan temannya juga sempat membuka lapak untuk menjual cimol tersebut. Dengan mematok harga Rp 8.000 membuat usaha tersebut di minati anak-anak remaja.


"Dalam sebulan kami bisa meraih omset hingga Rp 1 juta," jelasnya.


Dengan hasil ini, ia akan membenahi lagi perencanaan bisnis tersebut untuk meraih prestasi lebih baik lagi. Yang pasti ini menjadi pelecut semangat untuk terus mengembangkan perencanaan bisnis ini agar lebih baik lagi ke depannya.


Pendidikan Terbaru