Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berjuang Lewat Musik, Ansor di Gresik Kembangkan Ini

Berjuang Lewat Musik, Ansor di Gresik Kembangkan Ini
DC Al Wajdi GP Ansor Tebuwung, Gresik, tampil di acara NU. (Foto: NOJ/MSH)
DC Al Wajdi GP Ansor Tebuwung, Gresik, tampil di acara NU. (Foto: NOJ/MSH)

Gresik, NU Online Jatim

Gerakan Pemuda Ansor berjuang menegakkan nilai-nila ahlussunnah wal jamaah annahdliyah di segala lini kehidupan masyarakat. Termasuk di ruang kesenian. Itu pula yang dilakukan oleh Pengurus Ranting GP Ansor Tebuwung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Maka dibentuklah kelompok music drum band bernama Drum Corp Al Wajdi yang masih eksis sampai sekarang.

 

DC Al Wajdi dibentuk oleh para pengurus Ansor Tebuwung lulusan Drum Band Satria Mahardika Pondok Pesantren Al Karimi. Kelompok drum band ini sudah memiliki alat music yang lumayan lengkap. Seperti terompet, bass drum, snare drum, cymbal drum, trio drum, dan lainnya.

 

Biasanya, DC Al Wajdi tampil di acara-acara NU, Ansor, maupun hari besar nasional di daerah setempat. Lagu-lagu seperti Indonesia raya, Mars Ansor, Banser, dan Hubbul Wathan, mereka mainkan.

 

“Alhamdulillah, musik DC Alwajdi masih eksis dan sahabat Ansor masih tetap semangat latihan, untuk mengingat kembali not notnya dan meniup terompet yang menjadi fokus latihan, “ kata pimpinan DC Al Wajdi GP Ansor Tebuwung Mohammad Hitak Wajdi, kepada NU Online Jatim, Selasa (09/03/2021).

 

Sebetulnya, lanjut Hitak, para pengurus dan kader Ansor Tebuwung kebanyakan adalah mantan pemain musik yang bergabung di kelompok drum band. Ia mengaku pernah diundang dan langganan pada acara Bendera HUT RI sebagai korsik kors musik pengiring lagu di Kecamatan Dukun, juga acara-acara lainnya.

 

Hitak berharap DC Al Wajdi tetap eksis dan tambah maju ke depannya, untuk menggaungkan semangat ke-NU-an melalui jalur kesenian. “Semoga keberadaan DC  Al wajdi GP Ansor Tebuwung selalu eksis dan menjadi inspirasi dan selalu mengedukasi untuk menjadi kebanggaan musik DC di kalangan NU,” ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)