Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pelajar NU Sosialisasikan Udeng Khas Gresik di Festival Pasar Bandeng

Pelajar NU Sosialisasikan Udeng Khas Gresik di Festival Pasar Bandeng
Ketua IPNU Gresik memasangkan udeng khas kepada Bupati Gresik Gus Yani. (Foto: YouTube)
Ketua IPNU Gresik memasangkan udeng khas kepada Bupati Gresik Gus Yani. (Foto: YouTube)

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Gresik menjadi bagian dari rangkaian acara Festival Pasar Bandeng yang digelar di halaman Pemkab Gresik dan ditayangkan pula secara live melalui kanal YouTube pemkab dan TV9 pada Jumat malam, (07/05/2021).

 

PC IPNU-IPPNU Gresik mensosialisaikan udeng khas Gresik yang sebelumya telah diriset dalam program Eksplor Budaya bersama budayawan Gresik, Kris Aji, dan sanggar budaya Mataseger.

 

Secara simbolis, Ketua PC IPNU Gresik Syifaul Mukminin memberikan serta menyematkan udeng khas Gresik kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Sang bupati pun mengapresiasi dengan baik usaha yang dilakukan oleh rekan-rekanita PC IPNU IPPNU Gresik.

 

“Alhamdulillah, IPNU-IPPNU sebagai generasi milenial yang saya harapkan bergerak bersama saya, telah bisa melahirkan ide membuat udeng khas Gresik berdasarkan sejarah,” kata Gus Yani, sapaan akrab Bupati Gresik Akhmad Yani.

 

Kemampuan para milenial Gresik yang luar biasa ini, lanjut Gus Yani, ke depan bisa menjadi bagian dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Gresik.

 

Sementara Kris Aji AW menyampaikan bahwa program PC IPNU-IPPNU Gresik sebagai upaya pelestarian nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal yang sudah seharusnya dilakukan agar tidak punah, di antaranya upaya mencari jejak Udeng Gresik.

 

“Harapannya, udeng ini bisa diproduksi dan dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas Gresik," ujarnya.

 

Program Explore Budaya oleh PC IPNU-IPPNU Gresik tentang udeng khas Kota Pudak itu dimulai sejak Januari 2021 sebagai bentuk kepedulian dan melestarikan budaya khas Gresik.

 

Ketua PC IPNU Gresik Syifaul Mukminin menuturkan bahwa sebagai generasi muda yang memiliki energi lebih, sudah selayaknya pelestarian tradisi dan budaya menjadi tugas kita.

 

“Sebagai generasi muda NU, kami merasa terpanggil untuk turut serta dalam melestarikan budaya yang ada di Gresik,” tandasnya.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan