Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pesantren di Sidoarjo Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Jamu

Pesantren di Sidoarjo Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Jamu
Produk jamu Zamil. (Foto: NOJ/oj)
Produk jamu Zamil. (Foto: NOJ/oj)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia dari rempah-rempah alami yang kayak khasiat. Namun, untuk membuat jamu diperlukan rangkaian proses panjang yang tidak mudah. Hal ini dimanfaatkan Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Al Kholili Balongbendo, Sidoarjo. Pesantren ini memproduksi jamu dengan kemasan praktis dan mudah diseduh.

 

Durrotun Niswah, pengelola jamu Zamil mengatakan, usaha ini sudah berdiri sejak 2017. Jamu Zamil merupakan ramuan yang diolah dari rempah asli yang diambil dari para petani di daerah.

 

“Pencampuran rempah satu dengan yang lain kita padukan, seperti jahe dengan serai, kapulaga. Atau Beraskencur dengan Jahe, yang diolah menjadi minuman. Jadi ramuan atau jamu yang mudah untuk diseduh dan disajikan. Lebih praktis agar konsumen mudah menikmatinya,” katanya, Rabu (03/03/2021).

 

Ustadzah Niswah mengungkapkan, bahwa usaha jamu Zamil ini sebagai upaya untuk melestarikan minuman tradisional Indonesia.

 

“Kami berharap, dari usaha ini bisa memberi manfaat yang lebih luas bagi santri, masyarakat sekitar, dan untuk Indonesia. Tentu agar makin suka menikmati ramuan-ramuan khas Indonesia, yang mungkin belakangan makin berkurang peminatnya,” harapnya.

 

Apalagi di situasi pandemi Covid-19 saat ini, ia mengimbau agar masyarakat mulai mengkonsumsi jamu untuk menjaga imunitas tubuh.

 

“Kami mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi jamu agar imunitas tubuh terjaga sehingga terhindar dari Covid-19,” pungkasnya.

Iklan promosi NU Online Jatim