Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Raperda Pesantren di Jatim Didukung Lintas Fraksi

Raperda Pesantren di Jatim Didukung Lintas Fraksi
Banyak dukungan kepada Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengembangan Pondok Pesantren di Jawa Timur. (Foto: NOJ/Itv)
Banyak dukungan kepada Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengembangan Pondok Pesantren di Jawa Timur. (Foto: NOJ/Itv)

Surabaya, NU Online Jatim

Keinginan warga Jawa Timur untuk memiliki peraturan daerah bagi pengembangan pondok pesantren akan segera terealisir. Karena beberapa fraksi di luar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selaku pengusul, juga memberikan dukungan.

 

Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jawa Timur, misalnya menyatakan berkomitmen mengawal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengembangan Pondok Pesantren di Jawa Timur.

 

Hal itu tidak lepas dari iktikad bersama dalam mewujudkan kemajuan lembaga pendidikan agama berbasis pesantren di Jawa Timur yang jumlahnya mencapai 4.720.

 

Anggota DPRD Jatim Mahfud menuturkan, Pantia Khusus (Pansus) Raperda Pengembangan Pondok Pesantren tersebut telah dibentuk.

 

Pembentukan Pansus ini kata Mahfud, sangat penting. Hal ini mengacu terhadap Undang- Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendidikan Keagaman dan Kepesantrenan.

 

“Pembentukan pansus itu merupakan semangat bersama lintas partai di Jawa timur. Alhamdulillah pansus raperda ponpes sudah dibentuk,” katanya, Sabtu (20/02/2021).

 

Politisi asal Daerah Pilihan (Dapil) Madura itu berujar, pihaknya ditugaskan oleh fraksi PDI Perjuangan untuk berperan aktif memberikan sumbangan pemikiran dalam rancangan Raperda pesantren tersebut.

 

“Bahwa kami ditugaskan untuk berperan aktif memberikan sumbangsih pemikiran dalam memberikan perhatian khusus kepada pesantren, baik sarana dan prasarananya, bahkan pada proses belajar mengajar di lingkungan pesantrean,” kata dia.

 

Menurut alumni IAIN Surabaya itu, PDI Perjuangan sangat serius dalam mengawal Raperda tersebut hingga nantinya menjadi Perda. Karena pesantren adalah salah satu tempat pengkaderan generasi bangsa yang nantinya diharapkan memiliki dedikasi tinggi.

 

“Hal itu merupakan aset dari generasi bangsa ini. Maka kami serius mengawal Raperda ini,” pungkasnya.

F1 Promosi Iklan