Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Terdampak Pandemi, Warga Terima Modal Usaha dari LAZISNU Jatim

Terdampak Pandemi, Warga Terima Modal Usaha dari LAZISNU Jatim
Zulaihanah saat menerim abantuan di warung miliknya. (Foto: NOJ/LAZISNU Jatim)
Zulaihanah saat menerim abantuan di warung miliknya. (Foto: NOJ/LAZISNU Jatim)

Gresik, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 memang tidak hanya menyerang sektor kesehatan saja. Namun sektor ekonomi juga merasakan dampak yang luar biasa. Banyak masyarakat di berbagai kalangan yang diputus pekerjaannya, kesulitan mendapatkan modal, hingga sulit mendapatkan pekerjaan.

 

Hal tersebut salah satunya dirasakan oleh Zulaihanah, warga Desa Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Zulaihanah selama ini mencukupi kebutuhan hidupnya dengan berjualan jajanan ringan di sekolahan. Namun akhir-akhir ini dirinya merasa kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

 

“Apalagi di situasi pandemi seperti ini, anak-anak sekolah tidak masuk. Hasil yang saya dapatkan hanya sedikit,” katanya.

 

Dari faktor tersebut, Zulaihanah mengungkapkan bahwa dirinya kesulitan untuk memutar usaha.

 

“Dari hasil berjualan itu saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ditambah untuk modal usaha,” terangnya.

 

Merespons hal tersebut, NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur memberikan bantuan modal usaha sejumlah Rp 1 juta, Kamis (25/02/2021). Bantuan ini dirangkai dalam program Bina Desa Nusantara. Dari program ini, diharapkan para penerima dapat menjadi muzakki di kemudian hari.

 

“Kami harapkan nantinya yang asalnya mustahik bisa menjadi muzakki. Karena ini bagian dari zakat produktif,” ujar Muhammad Sueb, Wakil Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur.

 

Selain itu, dari zakat produktif ini, tingkat perekonomian warga semakin meningkat.

 

“Pemberian zakat ini diharapkan meningkatkan produktivitas usaha kecil sehingga great ekonominya lebih naik,” ucapnya.

 

Dosen Universitas Sunan Giri ini mengungkapkan, penerima bantuan tersebut sangat berterima kasih atas kepedulian NU Care-LAZISNU Jawa Timur untuk membantu perekonomian umat.

 

“Alhamdulillah, mereka sangat senang. Berkali-kali ketika kami pamit, mereka mengucapkan terima kasih dan tak lupa juga mendoakan para donatur,” pungkasnya.

Iklan promosi NU Online Jatim