Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Yayasan Pendidikan Ma'arif di Sidoarjo Bagikan Ribuan Paket Takjil

Yayasan Pendidikan Ma'arif di Sidoarjo Bagikan Ribuan Paket Takjil
Pembagian paket takjil oleh YPM
Pembagian paket takjil oleh YPM

Sidoarjo, NU Online Jatim

Yayasan Pendididikan dan Sosial Maarif (YPM) Taman, Sidoarjo memiliki kepedulian tinggi selama Ramadlan. Yang dilakukan adalah dengan membagikan ribuan paket takjil yang disebar kepada puluhan masjid di kawasan setempat.

 

“Kegiatan pembagian takjil ini merupakan program tahunan yayasan. Namun, setelah ada pandemi Covid-19, teknis dalam pelaksanaannya berubah,” kata H Ahmad Makki selaku Ketua YPM Taman, Kamis (29/04/2021).

 

Pria yang akrab disapa Gus Makki ini menjelaskan bahwa sebelum pandemi, pembagian takjil dilakukan di pinggiran jalan. Hal tersebut dengan tujuan membantu pengendara yang dalam perjalanan, sehingga bisa berbuka.

 

Namun kala pandemi melanda, paket takjil disebarkan ke sejumlah masjid dan mushala. Hal tersebut tentu saja bukannya tanpa alasan.

 

“Ini untuk menghindari kerumunan di pinggir jalan, sehingga kami menyebarkan takjil kepada 60 masjid dan mushalla yang ada,” terangnya.

 

Pembagian paket takjil atau menu buka puasa didukung penuh oleh lembaga pendidikan yang di bawah naungan YPM.

 

"Khususnya yang ada di kompleks Ngelom dan Megare Taman,” kata penanggung jawab pelaksana program, Harjono.

 

Sekadar diketahui, YPM adalah lembaga pendidikan yang menaungi 27 lembaga pendidikan mulai play group hingga perguruan tinggi dan tersebar di Sidoarjo, Gresik, dan Jombang.

 

Pembagian takjil yang menyasar 60 masjid ini dibagi 6 rute, masing-masing rute ada lembaga pendidikan yang menjadi penanggung jawab. Yaitu,  SMP YPM 1, SMA Wachid Hasyim 2  Taman. Juga SMK YPM 1 , SMK YPM 2, SMK YPM 3, dan Universitas Hasyim Latief atau Umaha.

 

Sementara itu, Imam selaku salah seorang petugas yang menerima pembagian takjil di Masjid  Baitul Maghfiroh Sukodono, mengucapkan terima kasih atas paket takjil yang diberikan.

 

"Kepedulian semacam ini hendaknya terus dipupuk dan ditingkatkan, apalagi di masa  pandemi," harapnya.

 

Penulis: Rahmat Salam

Editor: Syaifullah


Editor:
F1 Bank Jatim